Minggu, 10 Agustus 2014

How To Do Marketing

Dalam kemacetan Jakarta kemarin malam, saya mendengarkan sebuah pesan singkat oleh seseorang yang sangat saya sukai, bapak Tanadi Santoso. Beliau suka menyampaikan motivating speeches di sebuah stasiun radio yang sering menjadi teman saya kala kaki pegal-pegal bermain rem dan kopling.
Dalam pembicaraannya, beliau mengakatan bahwa apabila kita ingin menjadi orang yang lebih baik ada 4 hal yang harus dilakukan:
1.Belajar (Learn)
Kita sebagai manusia harus terus belajar, dan jangan pernah berhenti belajar. Karena kalau kita tidak belajar maka kita akan ketinggalan. Sama dengan pikiran saya bahwa semakin kita belajar, semakin kita sadar bahwa sedikit yang kita ketahui dan kalau kita tidak belajar ilmu-ilmu baru maka kita sendiri juga akan ketinggalan. Belajar bisa macam-macam, dengan baca buku, kuliah lagi, dengarkan ceramah, baca di blog ini, atau dengan cara yang paling saya sukai sharing dengan orang-orang yang anda hormati.

2.Lakukan (Do)
Setelah kita belajar, kita juga harus menerapkan apa yang kita pelajari, tidak ada gunanya punya ilmu segudang tapi tidak ada yang bisa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Ini juga sama dengan apa yang Seth Godin bilang, mau belajar marketing ya hanya satu caranya, lakukanlah.

3.Pikirkan (Think)
Setelah kita pelajari dan lakukan, pikirkan ulang apakah ada sesuatu yang bisa kita lakukan lebih baik lagi. Dengan begini kita akan bisa menyempurnakan apa yang kita pelajari dan mempertajam sense kita ketika kita melakukannya. Memang menjadi orang harus menjadi lebih baik daripada hari sebelumnya bukan?

4.Rasakan (Feel)
Setelah semua yang diatas kita lakukan, rasakan / feel apakah yang kita lakukan ini sudah benar atau sudah sesuai dengan hati nurani kita. Saya pernah nge-tweet bahwa seharusnya setiap motto dari seorang marketer adalah “Don’t sell anything that you are not proud of.” Melalui proses ini kita mengevaluasi apakah semua yang sudah kita kerjakan membawa kebaikkan bagi masyarakan pada umumnya. Kalau tidak lebih baik jangan dilakukan dan lakukanlah yang lain.

Hubungannya dengan marketing? Ya semuanya, dengan melakukan 4 hal ini maka semoga kita bisa menjadi seorang marketer yang baik, bertanggung jawab, membawa perubahan yang baik bagi lingkungan kita dan tentunya semakin menghormati orang lain.

Irvan Irawan Jie
“Learning is a never ending cycle”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar