Selasa, 12 Agustus 2014

Strategi ACE Hardware Menghadapi Kompetitor

Peluncuran Pay with Points ACE Hardware
Menjamurnya toko ritel perlengkapan rumah tangga modern tidak membuat ACE Hardware takut menghadapi persaingan. ACE, sebagai anak dari PT Kawan Lama Sejahtera, justru melihat kompetitor sebagai keuntungan. Menurutnya, dengan semakin banyak kompetitor, maka akan memperluas pasar pula.

Namun, bukan berarti ACE diam saja melihat persaingan. “Kami menawarkan benefit untuk konsumen. Kekuatan kami adalah dalam sourcing barang. Dengan jumlah toko yang banyak, kami membeli jumlah barang dengan banyak pula, sehingga dapat menekan harga beli dari pabrik. Dengan begitu konsumen mendapat benefit dari harga tersebut,” kata Marketing Communication General Manager Kawan Lama Retail Teresa Wibowo dalam peluncuran Pay with Points di ACE Kota Kasablanka, Jakarta, Selasa (12/08/14).

Program Pay with Points ini merupakan salah satu strategi  ACE untuk mempertahankan konsumen. Dengan adanya program ini, penggunaan kartu anggota yang bernama ACE Rewards akan menjadi lebih maksimal. Selain itu, transaksi pun menjadi lebih efisien. Konsumen tidak perlu lagi menukar poin dalam kartunya dengan voucher untuk membayar produk yang dibelinya. Melalui program ini, poin yang ada dalam kartu dapat menjadi alat pembayaran secara otomatis.

Selain itu, ada beberapa taktik lain yang juga tengah gencar dilakukan ACE untuk mempertahankan konsumen. Pertama, Best Price Guarantee atau penggantian selisih harga jika konsumen menemukan produk sama dengan harga lebih murah dari yang dibelinya di ACE. Ke-dua, 100% Satisfaction Guarantee yaitu pengembalian produk ACE jika konsumen berubah pikiran dalam waktu maksimum 14 hari. Ke-tiga, ACE menyediakan layanan Delivery Service untuk pembelanjaan dengan nominal tertentu. Dan terakhir, Membership Privilege khusus bagi konsumen yang memiliki kartu ACE Rewards.

“Kami pun menekankan layanan customer service karena barang-barang ada yang di sini bersifat technical. Konsumen datang ke sini dengan masalah dan mereka ingin mendapat solusi. Ini juga sesuai dengan slogan kami bahwa kami ingin menjadi The helpful place,” tambah Teresa.

Meski sempat mengalami penurunan harga saham pada kuartal terakhir tahun 2013, kini harga saham ACE justru mencapai harga tertinggi, yaitu Rp 910. Hingga kini toko ritel ACE berjumlah sebanyak 107 di seluruh Indonesia dan masih akan terus dilakukan ekspansi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar