Selasa, 12 Agustus 2014

Membangun Jaringan Bisnis Bernilai Jutaan Dolar

Sebagai konsultan bisnis, William R. Patterson sering ditanya bagaimana dirinya bisa mendapatkan klien dari perusahaan besar, selebriti, kandidat presiden, hingga miliuner.  William percaya bahwa semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan klien besar walau hanya seorang pemula dalam menjalankan bisnis.

Menurut William, Anda harus memahami dua kunci utama untuk mengembangkan jaringan bisnis bernilai jutaan dolar. Pertama, kembangkan nilai yang dapat Anda berikan ke individu maupun perusahaan dan lakukan pendekatan secara tekun dan sopan. Kedua, selalu fokus terhadap apa yang dapat Anda berikan pada mereka. Ia pun membagikan tips untuk membangun jaringan bisnis jutaan dolar seperti dilansir Inc.com sebagai berikut: 

1. Targetkan pemimpin dalam jaringan Anda untuk mendapatkan hasil maksimal
Sebenarnya, orang-orang terbagi dari berbagai kategori, yaitu pemimpin, adaptor awal, dan pengikut. Berdasarkan kategori tersebut, Anda dapat mulai memperluas jaringan dengan menargetkan pemimpin sebagai target pertama. Pemimpin memiliki pengaruh besar yang akan membantu proyek Anda dengan memanfaatkan momentum pada media maupun publik.

Lalu, bentuk jaringan dengan adaptor awal yaitu individu yang selalu menjadi orang pertama yang mencoba sesuatu. Adaptor awal dapat Anda jadikan target kedua karena tipe seperti ini memiliki jaringan yang luas. Jika Anda dapat membantu mereka memecahkan masalah, mereka akan melakukan hal yang sama pada Anda, seperti memberikan ide hingga proyek kepada Anda dengan mudah.

Target Anda berikutnya adalah orang yang masuk di kategori pengikut. Tipe pengikut cenderung sulit menyetujui apa yang Anda tawarkan karena mereka perlu melihat rekam jejak Anda.

2. Identifikasi dan kembangkan nilai pada target Anda
Dalam membangun jaringan, mungkin Anda memiliki pola pikir “saya membutuhkan” atau “saya menginginkan." Padahal, Anda seharusnya fokus dalam membuat nilai dan benefit pada orang yang Anda harapkan dapat membantu Anda dalam jaringan bisnis yang Anda buat. Anda dapat mereferensikan bisnis kepada mereka dan menghubungkan mereka dengan orang-orang potensial di jaringan Anda. Hal ini lebih baik daripada Anda hanya memikirkan keinginan Anda.

3. Tindak lanjuti dengan sopan untuk mendapatkan “Ya!”
Kebanyakan individu yang sukses di organisasi adalah mereka yang sangat sibuk. Jadi, mereka harus berkompetisi dengan waktu. Untuk itu, tidak heran bila Anda sering mendengar penolakan mereka di awal Anda bertemu. Jangan menyerah dan berkecil hati karena ada beberapa orang yang melihat usaha Anda hingga sembilan kali sebelum mereka mengambil keputusan.
Menurut William, 80% kesuksesan Anda berasal dari soft skill yang Anda miliki, diantaranya adalah kemampuan untuk membangun jaringan, hubungan, kerjasama strategis, maupun kemampuan Anda dalam melakukan aliansi politik. Lakukan cara-cara di atas dalam membangun jaringan bisnis dan bukanlah hal yang mustahil bagi Anda mendapatkan klien-klien besar seperti yang didapatkan William.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar