Rabu, 13 Agustus 2014

Di Usia Ke-12, Starbucks Gencar Promosi dan Ekspansi Gerai

Sejalan dengan ulang tahunnya yang ke-12 di Indonesia pada 17 Mei mendatang, PT Sari Coffee Indonesia selaku pengelola Starbucks di dalam negeri, telah menyiapkan sejumlah promosi menarik demi meningkatkan loyalitas sekaligus mendulang penjualan yang maksimal. Untuk soal loyalitas konsumen, Starbucks sejak 2013 telah meluncurkan Starbucks Card yang hingga kini jumlahnya telah mencapai lebih dari 200 ribu anggota.
Jelas, promosi bertajuk Say Yes yang diusung pun ditujukan untuk para pemilik Starbucks Card dengan harapan menjadi customer setia. Salah satu promosi mujarab adalah beli 1 gratis 1, seperti untuk pembelian minuman baru Caramel Ribbon Crunch Frappuccino, gratis satu cup Java Chip Frappuccino. Promosi ini berlaku mulai 23 April hingga 5 Mei 2014.
Selain itu, untuk menarik animo pekerja kantor, Starbucks memberikan diskon 50% untuk pembelian semua jenis frappuccino pada 17 hingga 22 Mei 2014, dari mulai pukul 17:00 hingga 19:00. Tak hanya itu, Starbucks juga berikan diskon 50% untuk setiap pembelian merchandise di periode yang sama. Diskon 50% juga diberikan kepada para pelanggan yang membawa tumbler atau gelas Starbucks setiap tanggal 22 setiap bulannya. Promosi ini telah lebih dulu berjalan sebagai bentuk kepedulian lingkungan demi mengurangi penggunaan plastik pada cup Starbucks.
"Selalu ada promo mengejutkan untuk pelanggan kami demi menyambut hari jadi kami ke-12. Kami juga melakukan lucky draw kepada 12 pegguna Starbucks Card beruntung yang melakukan pembelian minimal Rp 200 ribu yang dimulai sejak 1 hingga 16 Mei. Hadiahnya berupa perjalanan wisata ke Hong Kong dan Bali," papar Kiki Mochammad Rizki, Food Manager Starbucks Indonesia di acara Press Launch Say Yes di Starbucks Jungleland, Sentul (23/4/2014)
Perluas Gerai
Selain itu, Kiki melanjutkan, agenda Starbucks ke depan adalah perluasan gerai kedai di Indonesia. Perlu diketahui, saat ini Starbucks telah memiliki 171 gerai di seluruh nusantara. Tahun ini, kiki mengatakan, Starbucks menargetkan pembukaan gerai baru sekitar 30 gerai. Braga Citywalk Bandung, Bandara Juanda Surabaya, dan Terminal Keberangkatan Bandara Kuala Namu Medan adalah beberapa gerai baru yang dibuka Starbucks akhir-akhir ini.
Selanjutnya, kedai kopi berlogo putri duyung berwarna hijau itu akan membuka gerainya di Bintaro Xchange Mall Tanggerang, Standard Chartered Building, dan Mayapada Building Jakarta pada akhir April 2014.
Investasi pun berbeda-beda setiap gerai, tergantung letak dan luas lokasi gerai. Akan tetapi, Kiki berujar bahwa Starbucks mulai memperhatikan unsur desain gerai demi menonjolkan keunikan dan experience yang berbeda di tiap gerai.
"Seperti di Braga Citywalk, kami tidak mengubah eksterior bangunan yang bersejarah, hanya sisi interior saja. Di Starbucks Metropolitian Building Jakarta, interior kami berkonsep batik nusantara. Sedangkan di Grand Indonesia, Starbucks Reserve kami berkonsep bangunan ala Batavia dan Sunda Kelapa yang sebagian besar interiornya menggunakan kayu bekas dari kapal-kapal tua yang tidak terpakai di pelabuhan itu," cerita Kiki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar