Senin, 11 Agustus 2014

Build and Protect Your Business Brand






Salah satu aset tidak berwujud dari sebuah perusahaan adalah brand,atau sering disebut merek. Menurut sebuah penelitian yang ada, hampir 80%dari total nilai sebuah perusahaan datang dari brand. Mempertahankan sebuah brand adalah sebuah perjuangan keras dan membutuhkan banyak pengorbanan. B
erikut ini adalah beberapa tips bagaimana untuk mempertahankan brand dari usaha kita, terlebih lagi apabila merek yang kita miliki mulai menanjak seiring dengan kenaikan profit kita.



Maksimalkan Brand Anda

Jika ingin membangun sebuah brand yang akan diingat orang, tiga tahapan yang harus anda lakukan, berpikir kreatif, berubah kreatif dan bertindak kreatif. Brand yang baik muncul dari hasil pemikiran yang matang dan konvensional, lihatlah apa yang disekitar dan berhubungan dengan produk anda yang menarik hati dan mungkin akan menarik hati orang lain, wujudkan itu dalam sebuah brand atau merek yang mungkin bisa anda buat sendiri atau dengan kolega anda. Anda juga bisa berkonsultasi dengan konsultan branding yang anda rasa cocok untuk menentukan brand yang cocok untuk usaha anda

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah penamaan dari brand anda, usahakan memberikan kesan yang mendalam bagi para calon konsumen anda. Usahakan nama yang Anda pilih adalah nama yang cukup gampang diucapkan, dan memiliki hubungan langsung dengan produk yang anda jajalkan, apakah itu berasal dari nama pembuat, seperti Ayam Goreng Suharti. Pilihlah juga nama yang sekiranya cukup unik dan menjual.Aqua contohnya, merek ini memiliki arti dan makna mendalam bagi produk yang dipasarkan. Hasilnya? Semua orang dengan gampangnya menyebutkan nama Aqua untuk setiap merek air minum yang mereka temui (bahkan jika air mineral tersebut bukan Aqua).

Buatlah logo-logo yang menarik dengan perpaduan warna yang cocok untuk logo dari brand Anda, ini akan membuat brand Anda akan semakin tertanam di benak para calon pembeli, bahkan dengan logo dan warna yang cocok bisa mempengaruhi positioning pelanggan terhadap brand Anda.



Jadikan Brand sebagai Harta Paling berharga Kita

Hal yang harus kita kita lakukan pada harta kita adalah menjaganya, salah satu cara untuk menjaga brand kita adalah mendaftarkan brand kita ke lembaga merek yang resmi, memang ini akan memerlukan tambahan biaya, tapi keuntungan yang diperoleh sangatlah banyak dan bisa menjaga brand kita untuk masa waktu yang cukup panjang.

Kebanyakan pengusaha akan lupa mengenai brand yang mereka miliki dan hanya terfokus pada produk dan penjualan saja sampai ketika ada yang meng-copy atau menuntut brand yang kita miliki. Perusahaan sekelas Coca-cola dan McDonalds sangatlah memperhatikan brand mereka, kalau bisa, kursi merekapun akan didaftarkan. Hal ini menunjukkan berapa pentingnya brand bagi keberlangsungan sebuah usaha atau bisnis.



Pilihlah Media yang Cocok untuk Brand Anda

Permasalahan brand bukan hanya pada nama dan logo saja, penempatan brand anda pada media iklan juga menentukan persepsi seseorang akan brand yang anda miliki. Pilihlah media yang menurut anda paling cocok untuk brand dan produk yang anda miliki, entah itu media televisi, media cetak, ataupun internet, setiap media ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kreatifitas anda untuk mengatur dan menghasilkan sebuah iklan juga akan mempengaruhi nilai dari brand anda. Jadikan brand Anda dikenal oleh setiap orang, tapi bagaimanapun sebuah brand yang baik akan dihasilkan dari produk yang baik pula. Pada akhirnya Produk Anda jugalah yang menjadi standard utama apakah brand Anda baik atau tidak.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar