Senin, 11 Agustus 2014

Kenapa Pilot Kamikaze Memakai Helm?

Anda tahu kan pilot kamikaze?

Mereka adalah pasukan berani mati andalan Jepang selama perang dunia II untuk menghancurkan target-target penting yang sulit dijangkau. Pesawat beserta pilot yang ada di dalamnya diubah menjadi rudal mematikan. Nah, kalau kematian memang sesuatu yang sudah masuk dalam hitungan, kenapa pilot kamikaze masih memakai helm?

Jangan kuatir, sudah ada buku yang menjawab pertanyaan ini. Ini bukan lelucon. Buku yang saya maksud pun bukan buku kumpulan lelucon. The Sunday Times bahkan memberikan label "best seller" untuk buku ini.

"The Economic Naturalist - Why Economics Explains Almost Everything" ditulis Robert H. Frank, seorang Profesor Ekonomi dari Cornell University.

Melalui buku ini, Frank mencoba mengajak kita menganalisa berbagai fenomena hidup (terutama yang aneh bin unik) dari perspektif ilmu ekonomi.Sekedar iseng? tentu tidak. Bagi saya, justru latar belakangnya lah yang lebih menarik dibanding isi buku itu sendiri.

Frank merasakan bagaimana mahasiswa-mahasiswa ekonominya begitu fokus terjebak dalam rumus-rumus ekonometri yang rumit namun alpha terhadap intuisi di belakang angka-angka itu sendiri. Untuk mengajak mahasiswanya mendalami ekonomi sebagai sebuah ilmu praktis dalam kehidupan sehari-hari, maka Frank menugaskan mereka untuk mengajukan sebuah pertanyaan yang menarik tentang fenomena kehidupan sehari-hari sekaligus menemukan jawabannya dari perspektif ekonomi.

Metode ini menjadikan kuliah ekonomi menjadi lebih memorable dan experiential bagi mahasiswa.

Ide dari Profesor Frank di atas saya kira bisa juga ditiru oleh rekan-rekan dosen dan pengajar di bidang bisnis. Marketing harus diajarkan dengan cara yang bisa mendekatkan pelajar ke dalam realita.

By the way, masih penasaran kenapa pilot kamikaze memakai helm?
Silahkan baca buku ini :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar