Senin, 11 Agustus 2014

Strategi Bangun Jejaring Bisnis yang Kuat

Dalam  bisnis, jejaring merupakan hal penting yang harus dijalin seluas-luasnya. Jejaring yang baik sangat membantu Anda dalam menjalankan bisnis. Dari jejaring bisnis tersebut, Anda dapat belajar dari orang-orang yang kompeten di industri yang sedang Anda geluti untuk membesarkan bisnis Anda.
Perlu diingat, jejaring  bukan sekadar bertukar kontak maupun kartu nama. Lebih dari itu, membangun jejaring benar-benar dipandang sebagai ajang dalam membangun koneksi yang saling menguntungkan. Saat ini, banyak cara yang dapat digunakan untuk membangun jejaring.
Berikut lima cara yang dapat Anda lakukan untuk memperluas jaringan bisnis yang dilansir dari Inc.com:
1. Twitter. Anda dapat memanfaatkan platform Twitter untuk mengikuti hashtag dari pemimpin-pemimpin di Industri. Anda juga dapat memilih untuk mengikuti informasi seputar hobi Anda.  Melalui Twitter, Anda dapat mendapatkan berbagai insight  dari tweet orang bisnis dan pelaku industri yang Anda ikuti. Dengan demikian, Anda mengetahui informasi-informasi mengenai industri yang terbaru.
2.  Bertukar kontak. Anda dapat memanfaatkan kontak-kontak yang ada di semua grup. Anda dapat saling bertukar pikiran maupun berdiskusi.    Anda dapat menunjuk  salah seorang dari grup untuk membantu mengenalkan orang lain yang dapat membantu permasalahan yang dihadapi anggota grup tersebut.
3. Grup Online. Aktiflah bergabung di grup online. Anda dapat mengikuti aktivitas-aktivitas online sesuai dengan apa yang menjadi ketertarikan Anda. Anda juga dapat bergabung dengan grup yang membicarakan tema industri yang sedang Anda geluti untuk mengetahui keinginan mereka. Selain itu, tidak menutup kemungkinan dalam grup online tersebut, Anda mendapatkan kontak yang selama ini Anda cari.
4. Kopi darat. Selain bergabung dengan grup online, Anda juga perlu bertemu dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama. Anda dapat menemukan forum yang  ada di regional Anda. Saatnya Anda perluas jejaring bisnis Anda dengan orang-orang industri di regional tersebut. Selain itu, Anda dapat menginisiasi pertemuan-pertemuan bisnis dengan mengajak pelaku industri untuk menjalin relasi dan membicarakan hot issue yang sedang terjadi sesuai dengan minat Anda.
5. Pertemuan Sosial. Untuk memperluas jejaring bisnis Anda, Anda dapat melakukannya di mana pun Anda berada. Pada suatu kesempatan, Anda bertemu dengan orang yang potensial untuk diajak berbisnis. Namun, Anda sedang tidak tertarik berbicara mengenai bisnis. Cara yang Anda lakukan adalah dengan tetap terbuka dan bersikap hangat dengan mereka. Lalu, tanyakan pada mereka untuk bertemu kembali di lain waktu sesuai kesepakatan bersama.
Nah, siap mencoba?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar