Senin, 11 Agustus 2014

4Ps to 4Cs to 4Vs of Marketing (2 - Selesai)

Setelah tulisan 4Ps to 4Cs to 4Vs of Marketing (1) membahas dua V pertama, maka 2 V selanjutnya adalah :
 

Place To Convenience To Venue
Seorang pembeli haruslah bisa mengatur tempat dagangannya dengan baik. Pemilihan lokasi dan bentuk gedung dan gerai toko merupakan hal wajib yang harus diperhatikan oleh seorang penjual. Place yang menarik dan mudah dikunjungi akan menambah nilai plus dari sebuah tempat penjualan, lihat saja Carrefour atau Hypermart, mereka sengaja menaruh store mereka di tempat-tempat strategis sehingga memudahkan para mengunjung untuk mengunjungi tempat mereka

Tempat yang baik, mudah dijangkau dan nyaman berubah menjadi kenyamanan dimata konsumen, mereka cenderung lebih memilih tempat yang menurut mereka nyaman walaupun harganya sedikit lebih mahal, contoh kongkrit adalah Pasar Tradisional yang sudah kekurangan minat pembeli. Pengunjung saat ini lebih menikmati pelayanan pasar supermarket walaupun harganya mungkin lebih mahal tetapi karena tingkat kenyamanan supermarket lebih baik dari pasar, sehingga pengunjung lebih “prefer” mengunjungi tempat tersebut.

Saat kita berdebat mengenai tempat mana yang lebih baik, menjadi lebih bijaksana ketika kita menyebutkan bahwa tiada tempat senyaman rumah. Internet menyediakan sebuah venue menarik mencari barang atau jasa yang lebih dari nyaman, yaitu rumah kita sendiri, selain daripada itu, Internet bisa ditemukan dimana saja. Dengan gadget yang mendukung, kita bisa mendapatkan seuah produk lewat internet dimana saja, kapan saja, apapun barangnya. Venue of cyber worldmenciptakan sebuah kepuasan tersendiri dari penjual ataupun pembeli untuk menjelajah di dunia maya. Segala transaksi bisa dilaksanakan di tempat ini. Trend demikian membuat tingkatan pembelian dari internet dirasakan lebih mudah daripada mencari di toko ataupun gerai yang ada.



Promotion to Communication to Vogue
Promosi adalah sebuah bentuk komunikasi satu arah dari penjual untuk memperkenalkan produk atau jasa yang mereka miliki dengan harapan akan menaikkan angka penjualan dari barang mereka, Promosi memiliki sangat banyak bentuk tapi kebanyakan dari mereka adalah advertising atau iklan. Ini adalah sarana dimana sebuah perusahaan memiliki kesempatan untuk melempar barang mereka ke media sehingga diketaui khalayak banyak,semakin banyak, kreatif, dan efektif promosi yang dilaksanakan, semakin baik citra suatu barang di benak masyarakat.

Ketika perusahaan menilai promosi adalah sebuah media untuk memperkenalkan produk mereka, konsumen akan lebih terfokus pada komunikasi yang dibuat oleh promosi trsebut apakah fit dengan needs and wants dari pembeli, Promosi adalah sebuah bentuk pencarian dan mendapatkan informasi akan sebuah produk apakah itu sesuai dengan kebutuhan mereka.

Website atau internet menciptakan sebuah interactive media yang bisa “menjual” sebuah produk atau jasa lebih lagi, internet menciptakan sebuah jalur yang lebih dari dua arah, ini menciptakan sebuah integrasi antara penjual dan pembeli sehingga saling mengisi satu sama lain. Internet menciptakan Trend yang membuat perkembangan media marketing semakin lebih pesat. Kesuksesan sebuah media promosi tercipta dari pola sebuah produk yang mengikuti trend yang ada. Internet mempengaruhi pergeseran trend ini karena dengan internet segalanya menjadi lebih gampang, dan lebih mudah. Manusia menciptakan trend, trend menciptakan iklan, dan iklan menciptakan pembelian, cukup mudah bukan melihat hubungannya.

 

 

Ketiga konsep ini pada dasarnya hanyalah sebuah konsep sama yang terus dikembangkan seiring dengan kebutuhan dan perkembangan zaman, ibarat minuman, 4Ps adalah angurnya, 4Cs adalah botolnya, dan 4To adalah Gelasnya. Semuanya tertuju pada satu tujuan, yaitu habis diminum. Itulah makna marketing sebenarnya, yaitu bagaimana sebuah produk bisa sampai kepada pengguna dengan cara yang efektif dan efisien.

 

*Sumber: http://thisayakorn.hubpages.com/hub/marketing-4Ps-4Cs-4Vs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar