Rabu, 13 Agustus 2014

Berbisnis Pakaian di Pasar Daerah

Berawal dari hobi fesyen, saya tertarik untuk memulai bisnis pakaian di daerah saya. Saya memperhatikan remaja-remaja di daerah saya sudah mengenal tren dan mode pakaian. Sehingga pemasaran pakaian yang lagi tren tidak terlalu sulit. Selain itu saya juga memperhatikan para pedagang pakaian di pasar tradisional di daerah saya ekonominya tidak terlalu sulit, bahkan mereka mampu mensekolahkan anak-anak mereka ke perguruan tinggi. Artinya, usaha ini prospeknya cukup bagus.

Penguasaan produk sangat menentukan sistem pemasaran yang akan di lakukan. Sebanyak apapun jenis pakaian yang kita jual, jika kita tidak mengusainya akan mengalami kesulitan dalam pemasaran. Selain itu, kita harus memahami keinginan konsumen. Setelah kita menguasai produk yang kita miliki, kita dapat memenuhi keinginan konsumen. 
Pramuniaga sebagai sumber daya manusia pada usaha ini memiliki peranan yang sangat penting. Pramuniaga dapat menjadi penentu dalam pemasaran produk, sehingga kita perlu mendidik pramuniaga pada usaha ini agar dapat melayani konsumen dengan setulus hati. Selain itu, kita harus menciptakan pramuniaga yang memiliki akhlak yang baik dalam artian jujur, ulet , dan dapat memahami keinginan konsumen. Sehingga kita dapat mempercayakan usaha kita kepada karyawan kita dalam hal ini adalah pramuniaga.
Pengelolaan manajemen keuangan dalam bisnis ini harus terperinci dan jelas, sehingga tidak kesulitan dalam mengalirkan dana untuk di modalkan kembali. Perputaran modal usaha dalam bisnis ini sangat cepat karena kita menjual berdasarkan tren dan mode. Kita harus memiliki Cash Flow, sehingga dapat mengalokasikan dana untuk memenuhi tren dan mode pakaian yang baru tren.

Pesaing dalam bisnis ini tentu tidak lah sedikit. Apalagi lokasinya di pasar tradisional, dimana banyak pedagang yang sudah puluhan tahun berkecimpung dalam bisnis ini. Saya sebagai pemula dalam usaha ini harus berinovasi dalam meningkatkan kualitas produk dan sistem pemasaran. Saat ini,  sistem pemasaran yang saya lakukan selain penjualan secara langsung, saya juga melakukan penjualan secara online melalui situs social network facebook.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar