Rabu, 13 Agustus 2014

“CHOCODOT” Sukses Berkat Inovasi

Siapa yang tidak mengenal panganan bernama cokelat. Di tangan seorang wirausaha muda bernama Kiki Gumilar, cokelat bisa menjadi tidak seperti pada umumnya. Dia menciptakan makanan yang bernama chocodot, atau chocolat isi dodol garut. Perpaduan antara makanan tradisional dan  modern ini merupakan produk yang lahir dari kreativitas Kiki Gumelar.

Produk yang inovatif ini tentunya didukung oleh pemasaran dan promosi yang kreatif sehingga membuat produk ini laris manis di pasaran. Produk berbahan dasar dark chocolate dan white chocolate yang dipadukan dengan dodol Garut ini melahirkan cita rasa baru yang unik. Chocodot menjadi magnet karena memiliki packaging yang menarik dan tidak kalah dengan cokelat buatan luar negeri.

Yang  menarik adalah pada kemasan Chocodot ini terdapat informasi mengenai tempat pariwisata yang ada di Kota Garut. Jadi selain menjual produk juga sekaligus memperkenalkan kekayaan pariwisata yang ada di Kota Garut. Chocodot mencuri perhatian konsumen dengan kemasannya yang sarat akan unsur budaya lokal Garut dan Chocodot ini dipasarkan pada titik-titik keramaian yang dikunjungi oleh wisatawan yang mendatangi Garut. Salah satu keberhasilan dari Chocodot ini dibuktikan dengan membawa Chocodot ke berbagai festival cokelat yang ada di beberapa negara, bahkan sampai menjadi juara di ajang kontes cokelat di Milan, Italia.

Keberhasilan lainnya adalah Kiki Gumelar sang pendiri didaulat sebagai entrepreneur muda yang meraih UKM Award pada tahun 2010 untuk kategori inovasi produk. Melalui Chocodot, kita diajak untuk menikmati dodol dengan cara yang berbeda karena dodolnya dibalut oleh cokelat, tidak semua orang menyukai makanan tradisional seperti dodol terutama anak muda zaman sekarang, tapi melalui Chocodot, Kiki Gumelar mengangkat kembali kejayaan dodol dengan cara yang kreatif.

Kehadiran Chocodot merupakan sarana untuk mengembangkan potensi Kota Garut melalui kuliner. Selain Chocodot, kini Kiki Gumelar telah menciptakan produk makanan yang berbasis dodol, seperti brodol (brownies isi dodol), Gagel (garut geulis cokelat, yaitu cokelast dengan isi cream buah yang dikemas dengan besek tradisional), Van Java Cokelat, yaitu cokelat dengan rasa rempah-rempah khas Parahyangan dengan berbagai varian rasa seperti cokelat rasa bandrek, bajigur, sekuteng, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar