Selasa, 12 Agustus 2014

Tips Meningkatkan Produktifitas

Seringkali orang mendapat distraksi atau gangguan saat mengerjakan sesuatu. Hal ini cukup mengganggu dan dapat menurunkan produktifitas. Bagaimana caranya agar kita dapat meningkatkan produktifitas? Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat diaplikasikan ke dalam keseharian kita:
1. Membuat tujuan jangka panjang dan tujuan jangka pendek agar aktifitas selalu berada di “jalur” yang benar. Setelah menentukan tujuan jangka panjang, pecahlah menjadi bagian kecil agar dapat dikerjakan dengan bertahap dan efektif.

2. Menghindari aktifitas multi tasking. Sering berganti aktifitas dalam jangka pendek akan cukup mengganggu produktifitas. Menurut beberapa penelitian, mengerjakan terlalu banyak pekerjaan dapat menurunkan IQ secara temporer.

3. Hindari hal yang dapat mengalihkan konsentrasi dengan tegas. Hilangkan semua gangguan yang tidak penting dengan mematikan gadget yang tidak diperlukan, membuat ponsel “silent”, kunci pintu, atau tindakan lainnya.

4. Jadwalkan pengecekan email. Mengecek email dengan sering akan memecah konsentrasi dan mengganggu alur kerja dan akhirnya menurunkan produktifitas.

5. Gunakan telepon untuk komunikasi yang membutuhkan hubungan timbal balik secara intensif. Email tidak didesain untuk komunikasi dua arah. Jangan membalas lebih dari dua kali, lebih baik gunakan telepon.

6. Tentukan prioritas yang hendak dikerjakan setiap harinya. Idealnya, pekerjaan akan dapat dikerjakan dengan baik ketika disusun, direncanakan, dan dikerjakan sesuai dengan prioritasnya. Bukan berdasarkan munculnya pekerjaan berdasarkan urutan waktu.

7. Beristirahat setiap 60 sampai dengan 90 menit. Otak kita menggunakan glukosa lebih dari aktifitas badan lainnya. Karena alasan ini lah, kita sering merasa letih setelah meeting yang panjang. Beberapa hal dapat dilakukan seperti berjalan-jalan sejenak, memakan makanan ringan.

Diadaptasi dari Inc.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar