Senin, 11 Agustus 2014

Tips Super Duper Sukses Mengelola Bisnis bagi pemula

Pengelolaan bisnis merupakan hal penting yang harus dilakukan para wirausaha baik pemula atau Expert sekalipun. Aktivitas paling vital dalam suatu usaha ada didalam pengelolaan bisnisnya. Banyak sekali wirausaha yang tergelincir didalam lubang semu ini, dan akhirnya dapat membuat prosentase resiko Collapse menjadi besar terhadap bisnisnya. Lalu, bagaimanakah tips untuk menghindari hal tersebut? bisa-bisa kita berhenti di tengah jalan untuk berwirausaha.
Ok, jangan dulu patah semangat untuk berwirausaha, teruslah membaca artikel ini dan akan saya sajikan solusinya. Check it out!

  • Pilihlah Jenis Bisnis yang anda senang ketika melakukannya


Semua Bisnis besar atau pun kecil itu dimulai dari niat. Sebenarnya bukan modal dalam bentuk uang yang harus anda pegang sekarang. Niat adalah modal dasar wirausaha yang tidak bisa ditawar lagi. Orang cerdik memulai bisnis-nya sendiri ketika orang itu dengan senang hati mau melakukan suatu pekerjaan walaupun orang itu tidak dibayar sama sekali. Dan jangan lupa, kepuasan dan kepercayaan pelanggan anda lebih besar nominalnya dari pada rupiah ataupun dollar anda.


  • Tetapkanlah Tujuan dari bisnis anda


Anda harus mulai menancapkan dimana Bendera "Finish" bisnis anda. Sehingga anda akan selalu mengetahui tujuan akhir usaha anda dan anda dapat memastikan kapan anda akan mencapainya. Jika tujuan pertama sudah tercapai, Buatlah tujuan lain yang menurut anda lebih tinggi.


  • Terapkan Prinsip "Gaspoll Remdoll"


Kencangkan kabel Gas dan copotlah rem anda. Anda sekarang tidak memerlukan sebuah rem, yang anda perlukan hanya belajar untuk menghitung dengan lebih cermat. Perasaan takut gagal adalah pikiran siapapun yang tidak ingin melihat anda menjadi sukses. Selalu cambuki pikiran anda dengan hal baru. Potong jalan mundur anda, sehingga anda tidak bisa berjalan mundur lagi.


  • Buatlah aturan kecil untuk Bisnis anda sendiri


Berbagai aturan kecil yang anda buat akan menjadi tolak ukur presisi pencapaian tujuan anda. Buatlah aturan yang membatasi kesenangan-kesenangan anda. Buatlah aturan kecil demi suksesnya tujuan yang telah anda buat. Selalu ingatlah bahwa melanggar aturan kecil anda adalah dosa besar anda kepada diri anda sendiri.


  • Konsisten dalam berkarya


Dunia usaha tidak selalu memberikan jalan lurus tanpa rintangan. Melainkan jalan terjal berbatu, bahkan di beberapa ruas, jalan itu tidak kelihatan. Berfokus dalam memenangkan tujuan anda sekarang adalah bekal utama kesuksesan anda sendiri. Terus konsisten walaupun tak seorangpun mau membeli/memakai produk anda. Stay Sharp! Jika tidak ada jalan, buatlah jalan!


  • Berfokuslah di dalam Produksi


Sadarlah bahwa produksi merupakan jantung bisnis anda. Tanpa produksi, anda tidak akan mendapatkan apapun dari usaha anda. Jalankan produksi anda dari nol sampai dengan ucapan terima kasih atau malah makian yang tulus dari konsumen anda. Evaluasi selalu kegiatan yang berhubungan dengan produksi. Tambal yang perlu segera ditambal. Jadilah efektif dalam berproduksi.


  • Berfikirlah Global, dan mulailah Online!


Jika produk anda gagal di tempat usaha anda, jangan buru-buru menganggap bisnis anda tidak bisa dijalankan. Masih banyak orang lain di luar sana yang belum memikirkan apa yang telah anda pikirkan sekarang. Inilah kesempatan anda untuk menawarkan kepada orang diluar sana. Sinergikan bisnis anda dengan berfikir Online. Pandanglah ke depan, anda akan melihat dunia menjadi sempit karena Internet.Go Online!


  • Pungutilah pengalaman orang lain dan bersabarlah!


Mulailah memungut pengalaman-pengalaman orang lain yang terserak bebas bak daun kering di jalanan karena anda tidak perlu mengalaminya sendiri. Menjadi wirausaha tidak semudah memasak mie instant. Dunia wirausaha tidak bisa dimulai dengan instant, jadi bersabarlah. Seperti kata pepatah, "Sabar itu tidak bertepi".


  • Temukan Guru Bisnis anda sendiri


Seorang guru akan selalu memahami anda sebagai pelaku bisnis. Dialah otak kedua anda. Membagi ide dengan Guru bisnis anda dapat memunculkan ide segar yang belum pernah terfikir dalam diri anda. Temukan Guru Bisnis anda, yang dapat anda percaya.


  • Ketika semua sudah anda lakukan, Mintalah kepada Tuhan.


Tidak ada sesuatupun yang terlepas dari KeMaha TahuanNya. Begitu juga tidak akan bisa kita paksakan kemauan kita. Tuhan selalu memberi apapun yang kita butuhkan, bukan semua yang kita inginkan. Selalu meminta KepadaNya, Maka anda akan memperolah yang anda butuhkan.
Kita harus selalu ingat, bahwa yang kita yakini bagus menurut kita, belum tentu bagus menurut Yang Maha Satu. Betapapun kita sangat mengininkan sesuatu, tetaplah hati ini harus kita persiapkan untuk menghadapi kenyataan yang tidak sesuai dengan harapan kita. Karena itulah yang terbaik bagi kita.

Jadi, mulailah dari sekarang untuk menjalankan bisnis anda sendiri. Karena mungkin suatu saat nanti, anda sudah tidak memiliki apapun untuk memulainya.
_________

Bintang Ricky Irawan (Direktur #mitm)

Artikel ini ditulis untuk kontes Youth Startup Icon

*Sumber ilustrasi http://www.neosisconsulting.com/tag/problem/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar