Senin, 11 Agustus 2014

Manifesto Empat Cara Bikin Lamaran Kerja di Twitter

Contoh tweesume. Sumber: http://www.tonicbuzz.com/
Melamar pekerjaan melalui media sosial tampaknya makin menjadi tren belakangan ini. Salah satu modelnya adalah mengirim lamaran pekerjaan di Twitter yang dikenal dengan sebutan Twesume. 
Survei teranyar dari Jobvite, seperti dikutip dari Mashable, mengatakan 92 persen perusahaan menggunakan media sosial untuk melakukan rekrutmen. Hal ini menandakan bahwa media sosial tidak hanya dipakai untuk bersenang-senang dengan teman dengan saling berbagi info, seperti video, gambar, maupun teks. Tapi, media sosial ternyata menjadi alat ampuh untuk berburu pekerjaan.
Josh Tolan, CEO Spark Hire  mengatakan yang paling penting dalam membuat Twesume adalah tulisan harus singkat. Tapi, singkat saja tidak cukup. Dalam singkat itu, tulisan harus mencerminkan kecerdasan. Salah satu tantangan membuat Twesume, sambung Tolan, adalah memastikan setiap karakter adalah penting bagi pembuatnya. 
Bagaiamana membuat Twesume yang ideal? Tolan memberikan empat langkah yang tidak boleh dilupakan.
1. Masukan Tagar
Salah satu cara mengurangi karakter di Twitter adalah dengan memberikan ruang bagi tagar (hashtag). Upaya memperpendek tweet dengan menambahkan tagar ini dinilai cukup bisa menarik perhatian  terkait dengan konten tweet. Dalam konteks ini, kemampuan untuk menyeleksi kata untuk tagar dibutuhkan. 
2. Jadilah Kreatif
Kreativitas menjadi penting agar Twesume menjadi suatu yang menarik. Setiap orang tentu memiliki beberapa kualifikasi tertentu yang membuat orang itu berpotensi untuk diterima di sebuah perusahaan. Karena keterbatasan ruang, memilih satu atau dua kompetensi yang paling menggambarkan keunggulan pelamar menjadi penting. 
3. Visual
Mengingat ruang terbatas di Twitter, pelamar perlu menyertakan sumber-sumber sekunder tentang pencalonannya. Salah satu sumber yang bisa memberi kesan pertama yang kuat adalah video. Sebab itu, pelamar perlu menyertakan tautan singkat video tersebut dan membiarkan perwakilan perusahaan melihat siapa sebenarnya diri pelamar dalam video itu. 
4. Tampilkan Kinerja
Untuk menampilkan jejak rekam pekerjaan, pelamar sebaiknya memiliki portofolio atau blog khusus terkait dengan industri yang akan dimasukinya. Kemudian, pelamar menyertakan tautannya ke dalam Twesume. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar