Rabu, 13 Agustus 2014

Strategi Provider XL Menyasar Youth

Manusia sebagai mahluk sosial pada dasarnya memerlukan interaksi dengan manusia lain untuk kelangsungan hidupnya. Kebutuhan akan sarana komunikasi sudah tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan saat ini, ketika ruang atau jarak tidak lagi menjadi penghalang untuk berkomunikasi. Terlebih untuk anak muda jaman sekarang yang hidup dalam era teknologi dan komunikasi sangat haus akan informasi baik dari teman atau komunitasnya maupun dari dunia luar yang masih asing baginya. Namun, hal ini terkadang terkendala oleh faktor biaya yang cukup besar serta kebutuhan, keinginan, dan hasrat yang berbeda antara apa yang ditawarkan oleh operator seluler dengan apa yang diharapkan oleh konsumen.

Mencermati akan kebutuhan dasar manusia (anak muda) saat ini akan interaksi sosial, PT XL Axiata Tbk. selaku salah satu operator telepon seluler di Indonesia berusaha menyediakan sarana komunikasi berkualitas dan terjangkau dalam rangka menjawab keinginan serta hasrat pelanggan menjadi salah satu faktor penting dalam peningkatan layanan berkomunikasi karena hal ini sesuai dengan visi XL untuk dapat memberikan layanan komunikasi yang bisa dinikmati seluruh lapisan masyarakat.

XL telah mampu menstimulusasi keinginan konsumen melalui promo- promonya saat ini, salah satunya dengan menggunakan anak kecil (Baim) untuk menarik konsumen dari kalangan anak kecil dan remaja yang tiap tahun kian bertambah besar dan belum digarap dengan baik dan serius oleh operator seluler lainnya. Kita bisa melihat setelah iklan XL bersama Baim dikeluarkan, maka secara kasat mata pula kita bisa melihat meningkatnya penggunaan HP dikalangan anak kecil dan remaja yang berarti semakin meningkat pula pangsa pasar yang tercipta bagi operator seluler.

“XL Slalu Untukmu”, itulah lagu/ slogan XL yang selalu kita dengar dan sangat akrab di telinga kita serta tidak asing lagi di benak pelanggannya dengan ikonnya band terkemuka di Indonesia yaitu Bondan Prakoso, yang diharpakan mewakili kaum muda, telah mampu memberikan positioning yang bagus dalam segmentasi anak muda saat ini. Slogan XL Slalu Untukmu telah mampu menjadi tagline XL sampai dengan saat ini.

Pangsa pasar yang sangat besar di Indonesia khususnya anak muda merupakan satu peluang yang sangat prosfektif dan menjanjikan dan telah mampu ditangkap serta dimamfaatkan dengan baik oleh XL karena mampu melihat dan menganalisa karakter serta kondisi anak muda Indonesia yang sangat kompleks dan variatif yang artinya juga memiliki keinginan dan hasrat yang beragam pula.

Dengan mengandalkan berbagai macam jenis paket dalam programnya yang ditawarkan kepada konsumen, XL telah berhasil memberikan suatu pilihan kepada konsumen untuk memilih cara dan biaya berkomunikasi yang sesuai dan mereka inginkan sehingga memberikan kemudahan dan keleluasaan kepada pelanggan dalam berkomunikasi, dengan model ini XL telah mampu menggait konsumen yang besar khususnya dalam segmentasi anak muda (youth)

Keseriusan XL menggarap segmentasi ini, untuk memberikan pelayanan yang baik serta demi kepuasan pelanggan dari seluruh tingkatan ekonomi masyarakat tergambar dari berbagai macam fitur dan paket yang disediakan XL, yaitu :


  • Paket nelpon (gratis nelpon berjam- jam, nol rupiah+smsan 100% gratis, Unlimited, 24 jam)

  • Paket super hemat (AKRAB, Nelpon,Unlimited SMS, Nelpon+sms, Nelpon+sms+Internet)

  • Paket internet/blackberry (Internet, Blacberry, dan gratis XL Go)

  • Konten (mau 2 rb, RBT, berhadiah, game, nongkrong seru, seru dan gratis, layanan, music live)

  • Lain (paket youth, community, paket corporate)


Paket- paket yang disediakan XL telah mampu memenuhi dan memberikan jawaban serta alternatif segala jenis kebutuhan dan hasrat berkomunikasi pelanggan baik itu dengan telepon, sms, mupun via internet/ Blackberry. Kepuasan pelanggan inilah yang telah mampu mengantarkan XL menjadi salah satu provider terkemuka di Indonesia dan menjadi operator ketiga terbesar berdasarkan banyak pelanggannya. Hal Ini tentulah sangat berarti dan suatu prestasi karena XL termasuk masih muda dibanding operator seluler lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar