Rabu, 13 Agustus 2014

Tiga Pilar Servis ANDAL Blue Bird

Blue Bird mempunyai filosofi servis ANDAL, yakni Aman, Nyaman, Mudah, dan Personal.  Untuk mencapai ANDAL ini, menurut Noni Purnomo, Vice President of Business Development Blue Bird Group, ada tiga pilar yang harus diekseskusi.
Pertama, Blue Bird mempunyai produk excellence.  Simpelnya, setiap lima tahun, kendaraan harus diganti.  Setiap hari ada prosess checking kalau mobil pulang ke pool, dari masalah mesin maupun kondisi body kendaraan.  Kami sangat ketat dan disiplin untuk maintenance.

Kedua, proses excellence. Salah satunya adalah bagaimana servis bisa aman dan nyaman. Key Performance Indicator (KPI) ini tidak hanya dinilai dari apa yang dilakukan kepada pelanggan eksternal, tapi juga pelanggan internal. "Faktor penting di sini adalah kondisi pengemudi. Pengemudi tidak boleh lelah saat mereka beroperasi. Perusahaan memberlakukan proses yang efisien. Misalnya, saat para pengemudi pulang di pool, prosesnya tidak boleh lebih dari 23 menit. Tujuannya, agar mereka memiliki waktu istirahat yang cukup," kata Noni menambahkan.

Ketiga, people excellence. Karyawan Blue Bird benar-benar dipilih yang bisa memenuhi filosofi ANDAL. Selain itu, pemberdayaan kepada para karyawan, khususnya para pengemudi menjadi penting mengingat merekalah yang langsung berhubungan dengan pelanggan.  Soal proses membangun tenaga manusia yang excellence ini akan dipaparkan dalam tulisan berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar