Senin, 11 Agustus 2014

Trust yang Sering Dilupakan Para Inovator

Terpikirkan jika sebuah inovasi membutuhkan trust? Sulit menemukan hubungan antara inovasi dan trust secara langsung. Co-Founder & Executive Director Kellogg Innovation Network Robert Wolcott mencoba menjabarkan secara singkat dalam KIN ASEAN FORUM 2013 di Main Campus MarkPlus EightyEight Kota Kasablanka pada Rabu (11/12) 2013.
"Inovasi itu sulit sebenarnya. Dan inovasi itu membutuhkan bantuan dan dukungan dari berbagai komunitas, baik itu komunitas bisnis bahkan komunitas kampus. Alasannya karena inovasi membutuhkan trust, sesuatu yang sering dilupakan oleh para inovator," ujar pria yang akrab dipanggil Rob ini.

Ia mencotohkan bahwa inovasi sulit berdiri sendiri, harus ada dukungan. Atau sebaliknya untuk menemukan inovasi, harus menemukan seseorang yang tepat. Ketika orang lain punya ide gila yang dibutuhkan, kita harus memulai hubungan dengan baik. Hubungan perkenalan yang baik akan memungkinkan seseorang untuk membuka idenya kepada siapapun yang ia percaya. Disitulah trust terjadi.

"Ketika Anda berkenalan degan seseorang, hal itu membuka sesuatu yang tidak ada dimanapun. Andai yang Anda kenal dan punya trust kepada Anda adalah seorang direktur perusahaan teknologi bernilai US$20 miliar, ia bisa menawarkan pekerjaan yang tidak ada di daftar lowongan manapun," ujar Rob.

Maka dari itu Rob menekankan pentingnya KIN ASEAN FORUM ini yang menghadirkan berbagai praktisi dari berbagai industri untuk saling membuka hubungan. Dan tidak hanya sebatas hubungan perkenalan biasa, tetapi untuk saling bertukar ilmu dan mempelajari satu sama lain.

"KIN dibangun oleh berbagai pilar, yaitu komunitas, discovery, dan sinkronisasi. Bukan hanya bertemu tetapi mengenal sesuatu hal yang baru. Sedangkan sinkronisasi adalah evolusi dari perubahan. Maka, get your network working," tutup Wolcott.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar