Jumat, 04 Juli 2014

TIPS: Lakukan 5 Hal Ini Untuk Lebih Kreatif Dan Produktif Di Hari Esok


Simon Rich, salah satu dari 100 Orang Paling Kreatif menurut Fast Company, memetakan 5 langkah untuk meningkatkan kreativitas Anda. Di umur 18, Simon Rich menulis buku pertamanya. Buku terbarunya, The Last Girlfriend On Earth, akan keluar pada tahun ini. Di umur 29, ia telah membuat banyak tulisan termasuk buku, novel, artikel majalah, cerpen, dan sketsa-sketsa dari Saturday Night Live.

Ingin tahu rahasianya? Inilah 5 kunci untuk meningkatkan kreativitas yang dapat Anda lakukan mulai hari ini.

1. Mengetahui Waktu Kerja Terbaik Anda
Ketika bangun tidur, hal pertama yang dilakukan Rich adalah menulis. "Biasanya saya selalu dapat menyelesaikan pekerjaan saya di pagi hari" ujar Rich. Setelah makan siang, biasanya kreativitas orang menurun. Rich mengestimasi perbandingan kreativitas sebelum dan sesudah makan siang adalah 80/20.

2.Kerjakan Apa Yang Anda Sukai Pertama
Anda harus menyadari bahwa tidak semua hal yang Anda kerjakan dalam satu hari merupakan hal yang Anda sukai semuanya. Rich mengatakan, Anda lebih baik mengerjakan apa yang Anda sukai terlebih dahulu. "Terkadang memang tergantung dengan deadline. Tapi saya menemukan bahwa waktu yang paling efektif untuk menulis adalah menulis apa yang Anda ingin tulis." Saran Rich.

3. Kejar Kuantitas Dibandingkan Kualitas
Mungkin Anda kurang setuju dengan kata-kata di atas. Namun Rich punya penjelasan sendiri. "Dengan membuat tulisan sebanyak-banyaknya, Anda akan menemukan bbanyak dari tulisan Anda yang berkualitas." Ujar Rich. Maksudnya, Jika Anda menunggu ide untuk menulis sesuatu yang berkualitas, itu malah akan menghambat waktu Anda.

4. Mengatahui Bagaimana Anda Bekerja
Rutinitas Anda bekerja membuat Anda mengetahui bagaimana sesungguhnya cara Anda bekerja. Rich mengatakan "Banyak band yang membuat ratusan lagu. Tapi ada juga beberapa band yang hanya membuat 5 atau 6 lagu, dan mereka semua mempunyai jumlah lagu yang sama dalam 1 album" Ujar Rich. Maksudnya adalah jika Anda mengetahui bagaimana seharusnya Anda bekerja, maka Anda akan menemukan yang terbaik dari diri Anda. Anda akan menemukan dimana waktu yang paling kreatif, waktu yang paling tepat, dan waktu yang paling produktif dari diri Anda.

5. Maafkan Diri Anda
Rich mengatakan bahwa ketika umur 18 tahun, ia takut untuk membaca ulang novel pertamanya karena ia merasa novelnya buruk. "Saya ingat, saya sangat marah karena setengah dari halaman novel itu saya tulis dengan membutuhkan banyak waktu. Padahal beberapa waktu yang lalu, saya meluncurkan sebuah novel yang bahkan itu hanya dikerjakan dengan sebagian kecil dari waktu saya. Pelajarannya? Anda menulis sebuah novel yang buruk. Jadi, perbaiki dalam novel yang selanjutnya" Saran Rich.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar