Senin, 07 Juli 2014

Berbisnis di Era yang Serba Tidak Pasti



Di dalam dunia bisnis pada saat ini, setiap kali kita menghadapi ketidakpastian. Lingkungan begitu cepat berubah dengan atau tanpa disadari. Perubahan ini ada yang berpengaruh secara langsung namun juga ada yang tidak langsung. Dampaknya pun ada yang besar dan ada yang kecil.

Namun penting bagi bisnis untuk memperhatikan setiap perubahan dalam lingkungan. Apakah perusahaan memutuskan untuk menghadapinya, menunggu terlebih dahulu sebelum bertindak, atau mengabaikannya. Tidak sedikit bisnis yang terpukul karena salah dalam penanganan suatu perubahan. Ada beberapa strategi yang dapat dilakukan perusahaan untuk dapat menghadapi perubahan lingkungan bisnis.

Pertama, gunakan teknik yang tepat dalam analisa lingkungan bisnis, kekuatan dan kelemahan perusahaan. Alat analisa perlu tepat tapi tidak perlu seakurat mungkin. Hasil statistik seringkali lebih efektif dalam penyajian sederhana dibandingkan hasil yang terlalu kompleks. Kadangkala hasil yang kompleks justru membuat bingung dan memperbesar kesalahan pengambilan keputusan.

Setiap langkah bisnis yang kita lakukan tentu akan memberikan hasil. Namun seringkali kita tidak dapat menduga akan seperti apa hasil yang akan terjadi. Daripada mengandalkan harapan bahwa satu kemungkinan akan terjadi, lebih baik mempersiapkan diri untuk menghadapi beberapa kemungkinan yang akan terjadi. Meskipun kita telah sangat yakin akan prediksi, namun ada saja yang dapat terjadi di luar kontrol perusahaan.

Secara berkala perlu dilakukan evaluasi mengenai kinerja organisasi. Namun seringkali kita hanya melakukan evaluasi pada output perusahaan. Padahal kita juga sebaiknya melakukan evaluasi dari segi input. Perlu diingat bahwa semua output perusahaan juga berasal dari input yang dipakai selama proses bisnis. Input yang jelek akan mengeluarkan output yang tidak optimal. Hal ini seringkali dilupakan oleh banyak orang

Di era ini, perubahan dalam lingkungan semakin cepat terlebih lagi karena perputaran informasi di internet yang cepat dan berdaya jangkau luas. Pebisnis sebaiknya selalu menjaga kewaspadaan, selalu mendengarkan, dan berusaha mendeteksi semua insiden yang relevan dengan perusahaan. Semakin cepat identifikasi perubahan dalam lingkungan semakin cepat perusahaan dapat merespon dan mengambil tindakan.

Di akhir kata, perusahaan harus selalu mempersiapkan kemungkinan buruk yang mungkin terjadi. Agar lebih baik, perusahaan sebaiknya membangun dan menjaga kepercayaan dengan semua stakeholder bisnis. Dengan memiliki ikatan yang kuat, dengan atau tanpa disadari, perusahaan akan memperoleh dukungan dengan bantuan dari stakeholder yang memiliki sikap positif pada perusahaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar