Minggu, 06 Juli 2014

Kiat Bisnis ala Richard Branson

Sumber Ilustrasi: http://images.forbes.com


Siapa yang tidak kenal dengan Richard Branson? Pebisnis berpenampilan nyentrik ini kondang lantaran bisnis-bisnisnya yang fenomenal. Melalui Virgin Group, Richard Branson memimpin 400-an perusahaan yang di bawahnya. Salah satu bisnisnya yang fenomenal adalah tur perjalanan luar angkasa melalui Virgin Galactic.

Branson menjadi pengusaha sukses sejak umur 16 tahun. Di umur belia itu, ia mempublikasikan media bernama Student. Pada tahun 1970, ia menjalankan bisnis audio record. Dua tahun kemudian mendirikan ritel toko kaset dengan merek Virgin Records. Lalu, membangun ritel dengan ukuran lebih besar bernama Virgin Megastores. Pada tahun 1980-an, ia membangun bisnis Virgin Atlantic Airways. Ia terus berinovasi membangun bisnis-bisnis yang tidak biasa, seperti tur ke luar angkasa yang sudah lama ia persiapkan. Begitu ringkas cerita tentang perjalanan bisnisnya.

Pebisnis dengan gaya kasual, rambut gondrong, dan senantiasa berpenampilan ceria ini membagi lima kiat sukses dalam membangun bisnis. Kelimanya ia bagikan dalam kolom khususnya di www.entrepreneur.com.

Kelima kiat itu, antara lain:

1. Bila Anda tidak enjoy dengan bisnis tersebut, jangan melakukannya. Anda harus mencintai apa yang Anda lakukan.

2. Jadilah orang inovatif. Ciptakan sesuatu yang berbeda yang akan dikenal dan laku di pasaran.

3. Karyawan Anda adalah aset paling berharga. Karyawan yang bahagia akan membuat pelanggan Anda juga bahagia.

4. Memimpin dengan cara mendengarkan. Dapatkan umpan balik dari staf dan pelanggan Anda.

5. Usung visibilitas. Usung bisnis dan diri Anda dikenal oleh konsumen dan masyarakat luas. Gunakan aneka media

Tidak ada komentar:

Posting Komentar