Minggu, 06 Juli 2014

Kiat Menjaga Kesetiaan Pelanggan

Sumber Ilustrasi: http://admin.kamailer.com/media/articles/large/7c628944e09018652e672518508599dd.jpg


Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang bisa menjaga konsumennya sehingga tidak pindah ke perusahaan lain. Ada  beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan demi membuat konsumen setia terhadap perusahaan dan tidak “pindah ke lain hati”. Berikut empat tips di antaranya:

1. Buat Konsumen Merasa Spesial
Buatlah sebuah komunitas yang di khususkan untuk konsumen setia Anda, sehingga mereka merasa dispesialkan dibandingkan konsumen lainnya. Dengan cara ini konsumen Anda pun bisa saling mengenal dan itu merupakan hal yang baik untuk perushaan Anda. Mungkin contoh yang paling kongkrit adalah komunitas pengendara Harley Davidson. Beberapa dari mereka secara rela mentato tubuhnya dengan lambang Harley Davidson.

2. Jadilah Pendengar yang Baik
Jangan pernah menganggap produk Anda adalah produk terbaik sehingga tidak bisa di kritik. Ketika konsumen Anda mengkritik produk Anda, jadilah pendengar yang baik. Dengarkan segala kritik dan komplain dari konsumen Anda hingga selesai. Beri  penjelasan jika memang konsumen Anda yang keliru, dan meminta maaf jika memang kesalahan itu ada dari pihak perusahaan Anda.

3. Kirim Kartu Ucapan
Jangan anggap sepele cara ini. Dengan peduli terhadap hari penting yang berhubungan dengan konsumen Anda, tanpa disadari Anda telah menjadikan konsumen Anda sebagai teman. Konsumen Anda akan merasa sangat dihargai ketika mendapatkan kartu ucapan hari raya atau ucapan ulang tahun dari perusahaan Anda. Dengan begini konsumen Anda akan merasa semakin dekat dengan perusahaan Anda.

4. Jaga Kualitas Produk
Konsumen Anda adalah manusia. Sangat manusiawi jika mereka berpindah ke produsen lain dikarenakan penurunan kualitas produk Anda. Oleh karena itu, perusahaan Anda pun harus bisa menjaga kualitas produk Anda. Akan lebih bagus lagi jika Anda meningkatkan kualitas produk Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar