Kamis, 10 Juli 2014

10 Langkah Memulai Usaha Makanan

Sumber Ilustrasi: http://rhubblog.files.wordpress.com/2012/11/food2.jpg

Memulai usaha makanan bisa dibilang gampang-gampang susah, kalau dipikir sekilas terlihat gampang tapi ketika anda hendak menjalaninya, terasa sedikit sulit, dengan berbagai macam hambatan yang bisa mempengaruhi dan menurunkan semangat, pikirian, dan mental anda. Saya ingin membagikan 10 tips memulai usaha makanan dengan urutan langkah-langkah yang pada umumnya orang perlukan agar tidak kebingungan.

1. Kontrol Pikiran Anda

 


Sumber foto: governmentgrantaustralia.org

 


 
Jangan terlalu bersemangat, menggebu-gebu dan berasumsi terlalu panjang dan jauh, ini adalah penyakit yang sering dialami oleh orang yang akan mulai berusaha, mereka berasumsi terlalu banyak, sehingga tidak fokus, dan ketika memulai melangkah dan mengalami hambatan, hasilnya kecewa.

2. Rasakan dan Bagikan
Anda harus melakukan survey dahulu sebelum memulai usaha makanan anda, tidak perlu survey yang mahal seperti perusahaan besar, hal termudah dan cukup efektif adalah rasakan dulu produk anda, apakah sudah cukup enak, kalau sudah, coba bagikan sample, ke teman, saudara, dan tanya pendapat mereka, ingat, pendapat mereka bukan yang utama, tapi bisa sebagai masukkan saja.

3. Tentukan Target Market
Penentuan ini berhubungan dengan harga, lokasi anda jual, media promosi, dan bagaimana produk anda. anda perlu menentukan siapa sasaran konsumen anda, berapa uang mereka yang bisa mereka keluarkan untuk membeli produk anda, kenapa mereka mau membeli, bagaimana kemasan yang menarik untuk konsumen sesuai target market anda, dan media promosi yang sesuai, serta kemudahan bagi konsumen tersebut untuk mendapat produk anda.

4. Perencanaan Pelaksanaan
Anda tentu membutuhkan rencana langkah demi langkah, mana hal yang perlu dikerjakan lebih dahulu dalam mengeksekusi apa yang sudah di susun untuk usaha makanan yang akan anda mulai, buatlah sesederhana mungkin dengan gambar dan poin-poin sehingga anda selalu ingat dan tidak ribet.

5. Mulailah dan Disiplin
Mulailah melaksanakan sesuai dengan rencana anda, cobalah untuk disiplin dan konsisten dengan apa yang anda tulis, ada begitu banyak hal diluar yang bisa memecah dan mengganggu sehingga anda bisa keluar dari rencana-rencana yang sudah anda tulis.

6. Nikmati Prosesnya
Proses dialami semua hal yang sedang memulai usaha, tidak ada seorang yang bisa berhasil secara mendadak, anda harus sadar akan hal ini, dan dengan sabar melalui proses, dan belajar disiplin. Pisau tidak menjadi runcing hanya diasah sekali.

7. Jaga Semangat Anda
Sering orang kecewa dan hilang semangat ketika menemui hambatan, mereka akan kehilangan fokus dari rencananya, kedisiplinan juga hilang, mental menurun, dan akhirnya rencana tidak terlaksana, hambatan adalah ujian, ini adalah hal biasa dan semua orang mengalaminya. Alasan hanya timbul bagi mereka yang gagal, tetapi solusi dan bagaimana sukses adalah bagaimana seorang pengusaha sukses sejati berpikir, dan pola pikir ini harus anda tanamkan pada diri anda.

8. Coba dan Ukur
Jangan takut untuk mencoba strategi baru, media promosi yang baru, jangan hanya terpaku pada asumsi anda, karena dengan mencoba, dan mengukur, anda akan semakin tahu tentang psikologi dari konsumen anda.

9. Konsisten
Terus Konsisten dengan apa yang sudah anda lakukan, jaga hal ini, karena 90% usaha gagal ketika mereka sudah dipuncak dan kehilangan kekonsistenannya

10. Fokus
Bagian yang paling penting adalah fokus pada usaha makanan anda, dengan begitu hasil yang didapat akan lebih maksimal, ketika fokus sudah membuahkan hasil dan usaha makanan anda sudah bisa menjadi mesin uang, maka perluasan usaha bisa dilakukan untuk menciptakan sumber uang yang baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar