Selasa, 08 Juli 2014

12 Inovasi Agar Bisnis Sustainable

Dalam presentasinya di seminar "Business Innovation & Growth Strategies" yang digelar Selasa (03/07/2012), Mohan Sawhney memaparkan 12 inovasi yang harus dijalankan agar bisa mengalami kemajuan, seperti inovasi produk, platform, solusi, customer, komunikasi, interaksi, ekosistem, inovasi kanal, supply chain, proses, nilai, dan manajemen.

Bagi Mohan, inovasi di ranah produk lebih mengacu pada pengenalan produk dan layanan yang mana secara signifikan baru dan dikembangkan untuk kepentingan fitur dan performa. Inovasi platform, sambung Mohan, lebih mengacu pada penggunaan komponen, proses, dan teknologi modular untuk menciptkan range produk dan layanan baru yang lebih luas serta keuntungan kompetitif yang berbasis pada kebutuhan pelanggan dan mitra bisnis.

"Inovasi untuk solusi itu lebih pada pengenalan sebuah kombinasi yang terkustomisasi antara produk, servis, dan informasi untuk memberikan solusi pada permasalahan pelanggan," kata Mohan.

Sementara, inovasi dalam ekosistem lebih mengacu pada penciptaan kemitraan dan relasi kolaboratif antara suplier, mitra, dan pengasong untuk membuat tawaran  baru. "Yang tidak kalah penting adalah inovasi di bidang manajemen. Inovasi di sini lebih pada usaha mengimplementasikan struktur organisasi yang baru, termasuk metode mengembangkan efisiensi dan efektivitas organisasi," tandas Mohan.

Mohan juga mengungkap proses kunci pemasaran untuk berinovasi dan mendorong pertumbuhan bisnisnya. Mohan juga memaparkan proses evolusi pemahaman akan pemasaran, dari pemahaman tradisional yang sekadar promosi dan berjualan sampai pemahaman mutakhir sebagai salah satu kegiatan untuk berbagi nilai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar