Jumat, 04 Juli 2014

Tips agar toko online Anda bisa bertahan.

Ilustrasi: www.global-discourse.com
Jumlah netizen di Indonesia terus meningkat. Dengan Internet, masyarakat lebih gampang mengakses beragam informasi.  Banyak yang menggunakan Internet untuk membangun jejaring, mengakses hal yang disuka, bahkan  untuk urusan bisnis.
Saat ini,  toko online dengan aneka ragam platform makin banyak, mulai dari Facebook, Twitter, Instagram hingga membuat web sendiri sebagai tempat berjualan. Banyak yang datang dan banyak juga yang pergi alias tutup. Berjualan di ranah online memang harus memiliki trik tersendiri agar bisa bertahan dan  berkembang. Berikut tips agar toko online Anda bisa bertahan.
1. Menjaga Kualitas Produk
Jaga kualitas produk Anda. Akan lebih baik jika Anda bisa mengembangkan kualitas produk Anda sehingga pelanggan lama tidak kabur dan pelanggan baru berdatangan.  Produk Anda akan selalu mendapat penilaian bagi para pembeli jika memang produk Anda bisa memuaskan customer.  Mereka akan dengan senang hati merekomendasikan produk Anda lewat sosial media miliknya. Tetapi, sebaliknya,  jika produk Anda tidak sesuai harapan mereka, bukannya tidak mungkin jika mereka akan memberi tahu teman-temannya lewat sosial media kalau produk Anda mengecewakan.
2. Jalin Engagement
Jalin engagement antara Anda dengan customer Anda. Responslah dengan  cepat customer Anda saat menanyakan sesuatu tentang produk Anda. Anda juga harus siap meminta maaf jika memang ada kesalahan dalam produk Anda atau pelayanan dalam pengiriman produk Anda. Customer akan merasa dianggap dan akan merasa memiliki hubungan yang melebihi urusan  produsen dan konsumen.
3. Buat Gimmick
Buatlah gimmick-gimmick kecil untuk menciptakan suasana baru dalam hubungan Anda dan customer Anda. Misalnya, Anda membuat kuis berhadiah sehingga customer lama Anda bisa tertarik untuk ikut serta bahkan dengan kuis tersebut Anda bisa menggaet customer baru yang belum pernah terjangkau sebelumnya. 
4. Sering Update
Bagaimana penjualan Anda bisa bertambah kalau Anda tidak pernah update dagangan Anda lewat sosial media yang Anda gunakan? Perbarui konten jualan Anda secara  berkala. Namun, jangan terlalu sering karena Anda akan dikira spam di timeline followers Anda. Update  di waktu yang tepat, ketika memang timeline sedang ramai atau pas dengan momen-momen tertentu.
5. Tampilan Lapak
Rapikan lapak Anda sehingga tampilannya tidak terlihat berantakan dan tidak enak dilihat. Jika Anda memiliki web yang bisa dikunjungi, buat tampilan web tersebut enak dilihat dan mudah diakses oleh customer Anda. Dengan begitu,  Anda bisa membuat customer Anda rajin bertandang ke lapak Anda. Bila mereka terkesan, mereka bisa mengundang temannya untuk mampir ke lapak Anda juga. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar