Ada 10 prinsip utama dalam membangun bisnis kecil paling sukses di dunia. Anda mau mencobanya?
Berikut 10 Prinsip Utama untuk membangun bisnis kecil paling sukses di dunia menurut Michael E. Gerber, legenda hidup dalam dunia bisnis, dikutip dari Inc (19/01/2013):
Setiap pemilik bisnis kecil pasti ingin sukses. Untuk apa meneteskan
darah, keringat, dan air mata pada bisnis Anda kalau hanya untuk
melihatnya gagal? Namun, banyak dari mereka yang benar-benar
melakukannya. Selama bertahun-tahun, saya telah bekerja dengan ratusan
pemilik bisnis kecil dan saya telah belajar bahwa untuk menciptakan
bisnis kecil yang sukses, ada prinsip-prinsip yang harus Anda patuhi.
Menurut New Oxford American Dictionary, pengertian prinsip adalah
“Sebuah kebenaran yang sifatnya mendasar atau pemikiran yang berfungsi
sebagai dasar bagi sebuah keyakinan atau perilaku atau penalaran.”
Prinsip-prinsip bisnis adalah kekuatan pendorong yang membuatnya
sukses. Mereka adalah tulang punggung bagi organisasi. Dalam pikiran
saya, ada sepuluh prinsip-prinsip tersebut yang mendasari penciptaan
bisnis kecil yang berpotensi menjadi bisnis paling sukses di dunia.
1. Potensi untuk Berkembang / Skalabilitas (Scalability)
Sebuah bisnis potensial harus punya kemampuan untuk berkembang agar dapat mencapai kesuksesan. Bila ia dibangun dengan benar, ia dapat tumbuh 10.000 kali ukurannya saat ini.
Sebuah bisnis potensial harus punya kemampuan untuk berkembang agar dapat mencapai kesuksesan. Bila ia dibangun dengan benar, ia dapat tumbuh 10.000 kali ukurannya saat ini.
2. Ide Besar
Sebuah bisnis kecil tidak lebih penting daripada ide/gagasan yang membangunnya. Visi sang entrepreneur lebih penting bagi kehidupan bisnis dari apa pun.
Sebuah bisnis kecil tidak lebih penting daripada ide/gagasan yang membangunnya. Visi sang entrepreneur lebih penting bagi kehidupan bisnis dari apa pun.
3. Sistem
Anda harus menyadari bahwa bisnis kecil potensial adalah sebuah sistem di mana setiap bagiannya berkontribusi terhadap keberhasilan atau kegagalan dari keseluruhan sistem itu. Dalam sistem ini, semua harus bekerja sama: dari karyawan sampai direktur, dari peralatan sampai sumber daya.
Anda harus menyadari bahwa bisnis kecil potensial adalah sebuah sistem di mana setiap bagiannya berkontribusi terhadap keberhasilan atau kegagalan dari keseluruhan sistem itu. Dalam sistem ini, semua harus bekerja sama: dari karyawan sampai direktur, dari peralatan sampai sumber daya.
4. Keberlanjutan
Sebuah bisnis kecil potensial haruslah dinamis, mampu berkembang melewati semua kondisi ekonomi, di semua pasar, memberi makna, memberi keunikan pada semua pelanggannya. Keunikan inilah kunci untuk bertahan hidup.
Sebuah bisnis kecil potensial haruslah dinamis, mampu berkembang melewati semua kondisi ekonomi, di semua pasar, memberi makna, memberi keunikan pada semua pelanggannya. Keunikan inilah kunci untuk bertahan hidup.
5. Pertumbuhan
Semua jenis bisnis kecil potensial menghendaki pertumbuhan internal. Ia adalah sebuah sekolah di mana karyawan adalah mahasiswa, dengan niat, kemauan, dan tekad untuk tumbuh.
Semua jenis bisnis kecil potensial menghendaki pertumbuhan internal. Ia adalah sebuah sekolah di mana karyawan adalah mahasiswa, dengan niat, kemauan, dan tekad untuk tumbuh.
6. Visi
Sebuah bisnis kecil potensial harus berusaha mewujudkankan cita-cita yang lebih tinggi dari tempatnya berdiri saat ini. Visi dimaksudkan untuk menjadi contoh, sedangkan misi adalahapa yang harus dipenuhi supaya bisa menjadi seperti apa yang dicontohkan.
Sebuah bisnis kecil potensial harus berusaha mewujudkankan cita-cita yang lebih tinggi dari tempatnya berdiri saat ini. Visi dimaksudkan untuk menjadi contoh, sedangkan misi adalahapa yang harus dipenuhi supaya bisa menjadi seperti apa yang dicontohkan.
7. Tujuan
Sebuah bisnis kecil potensial adalah buah dari cita-cita dari pikiran orang yang mendirikannya.
Sebuah bisnis kecil potensial adalah buah dari cita-cita dari pikiran orang yang mendirikannya.
8. Otonomi
Sebuah bisnis kecil potensial bukan merupakan bagian dari kehidupan pemiliknya, tetapi, pada kenyataannya, ia adalah sebuah entitas sendiri. Ia memiliki kehidupan sendiri, di bawah perlindungan Tuhan, yang di dalamnya ia menemukan alasan.
Sebuah bisnis kecil potensial bukan merupakan bagian dari kehidupan pemiliknya, tetapi, pada kenyataannya, ia adalah sebuah entitas sendiri. Ia memiliki kehidupan sendiri, di bawah perlindungan Tuhan, yang di dalamnya ia menemukan alasan.
9. Profitabilitas
Sebuah bisnis kecil potensial adalah sebuah entitas ekonomi, yang mengendarai sebuah realitas ekonomi, dan menciptakan kepastian ekonomi bagi masyarakat di mana ia tumbuh.
Sebuah bisnis kecil potensial adalah sebuah entitas ekonomi, yang mengendarai sebuah realitas ekonomi, dan menciptakan kepastian ekonomi bagi masyarakat di mana ia tumbuh.
10. Standar
Sebuah bisnis kecil potensial menciptakan sebuah standar pada semua bisnis kecil baik yang dinilai sukses, atau tidak. Dia harus punya tujuan untuk berkembang melampaui standar yang dulunya pernah ada.
Sebuah bisnis kecil potensial menciptakan sebuah standar pada semua bisnis kecil baik yang dinilai sukses, atau tidak. Dia harus punya tujuan untuk berkembang melampaui standar yang dulunya pernah ada.
Itulah sepuluh prinsip yang untuk membangun, menumbuhkan, dan memperluas bisnis Anda.
Setiap bisnis membutuhkan bentuk dan struktur, dan 10 prinsip ini
akan memberi perusahaan Anda garis besar yang diperlukan untuk
berkembang.
Michael E. Gerber adalah legenda sejati dalam
dunia kewirausahaan, membantu transformasi lebih dari 70.000 bisnis di
145 negara selama 25 tahun terakhir. Buku New York Times Best-Selling
dari Michael, The E-Myth Revisited, telah terjual lebih dari 5.000.000
eksemplar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar