Kamis, 03 Juli 2014

Hal-Hal Yang Harus Anda Masukan Dalam CV Anda


Ketika Anda melihat kembali CV Anda, mungkin Anda bingung untuk menambahkan hal apa saja yang perlu dimasukkan. Mungkin Anda sudah tidak bekerja dalam waktu yang cukuup panjang, atau malah Anda sudah terlalu lama bekerja sehingga tidak sempat memperbaharui CV. Apapun situasinya, artikel ini patut Anda baca.
Ford R. Myers, seorang career coach, pembicara dan penulis buku "Get The Job You Want, Even When No One's Hiring", mengajak para pelamar untuk menuliskan pengalaman-pengalamannya terdahulu, terlepas dari pekerjaan profesional ataupun non-profesional.

Myers mengkategorikan keahlian-keahlian itu menjadi 5 bagian yang patut Anda simak baik-baik. Perhatikan keahlian-keahlian di bawah, kaitkan dengan pekerjaan-pekerjaan yang sudah Anda jalani, kemudian lihat kembali CV Anda. Jika Anda merasa ada yang perlu ditambahkan dari daftar tersebut, segera revisi CV Anda.

Daftar berikut sengaja kami tuliskan dalam bahasa Inggris, karena menggunakan Bahasa Internasional dalam CV Anda adalah wajib. Berikut adalah daftar 5 kategori tersebut:

1. Communication Writes clearly and concisely, speaks effectively, listens attentively, openly expresses ideas, negotiates/resolves differences, leads group discussions, provides feedback, persuades others, provides well-thought out solutions, gathers appropriate information, confidently speaks in public
2. Interpersonal Skills Works well with others, sensitive, supportive, motivates others, shares credit, counsels, cooperates, delegates effectively, represents others, understands feelings, self-confident, accepts responsibility
3. Research and Planning Forecasts/predicts, creates ideas, identifies problems, meets goals, identifies resources, gathers information, solves problems, defines needs, analyzes issues, develops strategies, assesses situations
4. Organizational Skills Handles details, coordinates tasks, punctual, manages projects effectively, meets deadlines, sets goals, keeps control over budget, plans and arranges activities, multi-tasks
5. Management Skills Leads groups, teaches/trains/instructs, counsels/coaches, manages conflict, delegates responsibility, makes decisions, directs others, implements decisions, enforces policies, takes charge.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar