Melanjuti bahasan artikel saya yang kemarin "Mengapa mereka menolak Anda", dimana kita telah membahas aspek price dan aspek manfaat, maka saya akan melanjuti 3 aspek lainnya: yaitu Authority, Timing dan Value.
Authority
Seringkali kita melakukan pemasaran yang sia-sia karena kita menawarkan produk kepada orang yang tidak memiliki wewenang dalam memutuskan pembelian. Untuk itu kita wajib untuk melakukan mapping sebelum kita melakukan pemasaran. Dalam sebuah perusahaan umumnya terdapat beberapa bagian yaitu:
Seringkali kita melakukan pemasaran yang sia-sia karena kita menawarkan produk kepada orang yang tidak memiliki wewenang dalam memutuskan pembelian. Untuk itu kita wajib untuk melakukan mapping sebelum kita melakukan pemasaran. Dalam sebuah perusahaan umumnya terdapat beberapa bagian yaitu:
- Decision Maker: Pengambil keputusan dia adalah orang teratas dalam mengambil keputusan, yang terpenting bagi decision maker adalah keuntungan atau manfaat yang dapat ditawarkan oleh Anda, tapi untuk bisa sampai kesana kita terkadang perlu untuk menghadapi beberapa lapis bagian lain.
- Influencer: Influencer adalah orang yang mempengaruhi pengambil keputusan, terkadang posisi Influencer memiliki pengaruh sangat besar. Influencer biasanya adalah orang-orang yang dipercaya oleh Decision Maker, bisa internal perusahaan mereka atau bahkan teman dari Decision Maker.
- User: User adalah orang yang menggunakan produk yang dibeli, hal yang terpenting bagi user kemudahan dalam memakai produk Anda.
- Integrator: Integrator adalah orang yang menghubungkan antara satu dengan yang lain.
- Gatekeeper: Gatekeeper adalah posisi orang pertama yang kita harus lewati diawal kita masuk ke perusahaan tersebut.
- Pro: Pro adalah orang yang pro terhadap kita, biasa orang yang kita kenal didalam perusahaan tersebut.
- Contra: Contra adalah orang yang contra terhadap kita, biasanya orang yang memiliki kenalan competitor kita.
Dengan
mengetahui peta dengan jelas maka Anda dapat menyusun strategi yang
tepat, bagaimana harus menghadapi dari masing-masing lini, jalan mana
yang perlu dilewati mana yang tidak perlu dilewati.
Timing
Seringkali
kita gagal dalam menawarkan sesuatu sebenarnya bukan karena orang
tersebut tidak membutuhkan produk kita melainkan karena kita menawarkan
pada waktu yang kurang tepat. Seringkali kita tidak memperhatikan hal
tersebut. Sebagai seorang pemasar Anda wajib mengetahui kapan waktu yang
tepat untuk menawarkan sebuah produk. Sebuah solusi yang baik adalah
kita menggunakan program Email, dimana kita dapat mengatur sendiri kapan
waktu, email penawaran tersebut kita kirim.
Value
Seringkali
kita mengukur segala sesuatu dengan tolak ukur kita padahal setiap
orang memiliki value yang berbeda. Buat seseorang yang memiliki level
pendapatan tinggi kadang harga bukan merupakan suatu yang penting
melainkan pelayanan, sedang untuk orang yang memiliki pendapatan kecil
maka harga menjadi sangat penting. Bahkan kini value telah berkembang
bukan lagi sekedar harga dan pelayanan, tetapi muncul beberapa value
baru seperti apakah produk kita ramah lingkungan, dan berbagai nilai
social lain misalnya apakah brand yang mereka beli berasal dari
perusahaan yang social. Dengan berkembangnya begitu banyak nilai/value
maka untuk itu kita harus mengetahui apa value target kita. Cara
mengetahu value seseorang maka kita bertanya apa yang penting untuk
mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar