Setiap pengusaha tentu ingin merek miliknya dikenal luas oleh banyak
orang. Kisah legendaris life cycle merek-merek besar bahkan selalu
mengisi lembar buku pelajaran yang dibahas oleh pelajar, akademisi, dan
para praktisi bisnis di seluruh dunia. Berikut adalah delapan cara yang
disampaikan oleh Scott Steinberg untuk membuat kisah merek Anda
melegenda di dunia online seperti dilansir Mashable.
1. Berdirilah di atas masalah dan tawarkan solusi
Bangunlah kredibilitas merek Anda dengan menunjukkan bagaimana produk
Anda dapat mengatasi kebutuhan konsumen dengan cara yang inovatif,
kreatif, dan efektif. Video yang menayangkan testimoni konsumen mengenai
keunggulan produk Anda dapat meyakinkan orang lain bahwa merek Anda
adalah merek berkualitas.
2. Bawalah penonton Anda ke balik layar
Ketika menayangkan produk di dunia online, Anda juga dapat
mempertimbangkan untuk menayangkan kisah orang-orang telah membuat
sukses perusahaan Anda. Tayangan candid atau kisah nyata karyawan selama
bekerja di perusahaan akan menjadi daya tarik bagi konsumen. Suasa
kerja, humor karyawan saat makan siang, atau keahlian profesional yang
mereka dapatkan saat bekerja adalah beberapa contoh yang dapat
digunakan.
3. Bertindaklah sebagai "orang dalam" pada industri yang Anda digeluti
Percaya atau tidak, merek terafiliasi erat dengan karakter Anda.
Maka, ceritakanlah merek Anda dengan menjadi orang yang terkemuka dalam
bidang Anda. Sebagai contoh, Anda dapat memfasiltiasi karyawan untuk
membuat blog mengenai isu-isu yang berkaitan dengan industri Anda.
Selain itu, Anda juga dapat menayangkan hasil riset, artikel-artikel,
ataupun aset visual mengenai merek Anda.
4. Gunakan cara unik untuk menceritakan jati diri merek Anda
Menyatakan kesalahan tidak selalu berakhir buruk. Pendiri Facebook
Mark Zuckerberg misalnya tidak "malu" untuk menceritakan bagaimana situs
buatannya yang mendunia itu dimulai dari kemarahan terhadap pacarnya.
Jangan takut untuk mengungkapkan beberapa hal yang personal karena dapat
membuat konsumen Anda juga punya ikatan emosional dengan merek Anda.
5. Buatlah solusi yang interaktif
Cara pendekatan yang unik dan interaktif dapat meningkatkan keterlibatan konsumen dengan merek Anda. Membuat aplikasi, video games, video sharing, survei, dan quiz adalah beberapa cara yang dapat Anda pertimbangkan.
6. Diskusikan Masa Depan Merek Anda
Ajaklah konsumen untuk ikut membantu mengarahkan masa depan merek Anda. Hal ini tidak berarti bahwa ada harus menyerahkan segala kepada konsumen. Dengarkanlah aspirasi dan opini publik serta gunakan hal tersebut untuk merumuskan strategi Anda ke depan.
7. Hormati komunitas dan para pahlawan Anda
Seperti halnya sebuah kehidupan pribadi, sebuah bisnis juga memiliki orang-orang yang mendukung perjalanannya. Tidak hanya komisaris dan para direktur, konsumen dan para penggemar juga perlu diapresiasi atas kontribusi mereka dalam membesarkan merek Anda.
8. Bicarakan topik yang dekat dengan hati Anda
Gunakan sesuatu yang menginspirasi Anda untuk menjadi positioning merek. TOMS dapat menjadi contoh dalam hal ini. Perusahaan sepatu ini mendonasikan sepasang sepatu kepada anak yang membutuhkan untuk setiap pasang sepatu yang terjual. Misi filantropi menjadi nilai korporat yang tidak hanya mendorong kinerja karyawan, namun juga mengajak konsumen yang memiliki pemahaman yang sama.
Cara pendekatan yang unik dan interaktif dapat meningkatkan keterlibatan konsumen dengan merek Anda. Membuat aplikasi, video games, video sharing, survei, dan quiz adalah beberapa cara yang dapat Anda pertimbangkan.
6. Diskusikan Masa Depan Merek Anda
Ajaklah konsumen untuk ikut membantu mengarahkan masa depan merek Anda. Hal ini tidak berarti bahwa ada harus menyerahkan segala kepada konsumen. Dengarkanlah aspirasi dan opini publik serta gunakan hal tersebut untuk merumuskan strategi Anda ke depan.
7. Hormati komunitas dan para pahlawan Anda
Seperti halnya sebuah kehidupan pribadi, sebuah bisnis juga memiliki orang-orang yang mendukung perjalanannya. Tidak hanya komisaris dan para direktur, konsumen dan para penggemar juga perlu diapresiasi atas kontribusi mereka dalam membesarkan merek Anda.
8. Bicarakan topik yang dekat dengan hati Anda
Gunakan sesuatu yang menginspirasi Anda untuk menjadi positioning merek. TOMS dapat menjadi contoh dalam hal ini. Perusahaan sepatu ini mendonasikan sepasang sepatu kepada anak yang membutuhkan untuk setiap pasang sepatu yang terjual. Misi filantropi menjadi nilai korporat yang tidak hanya mendorong kinerja karyawan, namun juga mengajak konsumen yang memiliki pemahaman yang sama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar