Mungkin banyak diantara kita yang saat ini sedang berusaha merintis usaha sendiri atau bahkan mungkin sudah ada yang sedang berjalan usahanya, namun tidak mempunyai ide untuk memulai atau bingung meningkatkan omset usahanya yang sedang berjalan tersebut. Kadang – kadang kita bingung saat mau memulai usaha, memikirkan produk atau jasa apa yang cocok untuk dijual?
Hal itu wajar saja saya pikir, apalagi jika kita belum mempunyai pengalaman berbisnis.
Namun tahukah anda bahwa sebenarnya banyak pengusaha – pengusaha yang sukses dalam bidang yang digelutinya justru menjual produk atau jasa yang kebanyakan sudah umum kita temukan? Misalnya menjual kaos kaki, menjual kotak bekas, atau bahkan menjual keripik singkong. Mereka tidak menjual produk yang aneh-aneh, atau menciptakan produk baru yang canggih, atau yang sejenis. Tidak. Mereka hanya menjual produk yang biasa kita temukan sehari-hari.
Nah… mengapa mereka bisa sukses dan menghasilkan omset yang luar biasa ‘hanya’ dengan menjual produk yang sudah umum?
Jawabannya terletak pada konsep pemasarannya yang kreatif dan sedikit tidak lazim.
Karena sebenarnya, apapun produk atau jasa yang anda jual / tawarkan, pada akhirnya konsep memasarkannyalah yang akan membedakan anda dari pesaing anda. Bahkan konsep – konsep yang terbilang agak ‘nyeleneh’ tersebut mampu membuat produk yang sederhana sekalipun meningkat omset penjualannya sampai 200%!
Mungkin anda akan bertanya, kok bisa seperti itu?
Begini. Kebanyakan orang biasanya cenderung tertarik terhadap sesuatu yang baru dan unik. Jadi, ketika misalnya ada sebuah produk yang mungkin sudah kelewat umum dan banyak ditemukan dimana-mana, dipasarkan dengan cara yang agak aneh akan memancing orang untuk penasaran dan akhirnya mencoba produk itu. Karena keunikan dari cara memasarkannya itulah yang membuat produk tersebut menjadi bahan perbincangan / buzz banyak orang sehingga efeknya menjadi seperti bola salju, semakin lama semakin besar, dan pada akhirnya menciptakan penjualan yang luar biasa.
Produk sederhana dengan konsep pemasaran yang tidak lazim dan eksekusi yang mantap bisa menghasilkan penjualan yang luar biasa!
Anda mungkin pernah mendengar tentang keripik pedas Maicih? Sebenarnya produk yang ditawarkan hanyalah berupa olahan keripik singkong yang bercita rasa pedas. Dari sisi produk, kalaupun ada yang unik itu berupa rasa pedasnya yang memang agak ‘keterlaluan’. Tetapi konsep pemasaran mobile alias berpindah – pindah lokasi jualan itulah yang membuatnya menjadi terkenal seantero Bandung sehingga membuat orang rela mengantri sampai 1 km panjangnya demi mendapatkan keripik Maicih! Dengan memanfaatkan social media seperti Twitter dan Facebook, Maicih sukses mengusung konsep mobile marketingnya tersebut. Konsep yang aneh kan? Tapi terbukti berhasil dilakukan.
Contoh lainnya. Yang namanya berlangganan majalah, koran, atau bahkan berlangganan katering makanan sekalipun mungkin sudah dianggap lumrah oleh kebanyakan orang. Namun, anda pasti belum pernah berlangganan yang namanya kaos kaki kan? Kaos kaki yang merupakan produk yang sering ditemukan dalam keseharian kita ternyata dengan konsep yang berbeda mampu menghasilkan penjualan lebih dari $1 juta bagi pemiliknya! Mengapa? Karena barang tersebut djual dengan pola berlangganan layaknya kita berlangganan majalah. Konsep yang tidak lazim namun lagi – lagi berhasil diterapkan.
Oleh karena itu kesimpulannya adalah, apapun produk atau jasa yang akan anda jual, buatlah konsep pemasarannya dengan seunik dan seefektif mungkin. Tidak masalah produk atau jasa yang akan anda jual sudah banyak di pasaran. Asalkan anda mampu menggunakan kreativitas anda untuk mengemasnya, niscaya akan mampu menghasilkan penjualan yang mencengangkan. Ingat slogan Apple dari alm. Steve Jobs: Think Different. Jadi? Be different? Why not?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar