"Saya bukan telemarketer,tetapi saya sudah menjual lebih banyak produk melalui telepon" (Anonim)
Salah satu approach penjualan melalui telepon yang mudah diikuti dan sangat efektif adalah strategi ala Kevin Davis, yang dibahas dalam bukunya berjudul ‘Getting into Your Customer’s Head’.Menurut Davis,ada 3 langkah sederhana dalam menjual melalui telepon yaitu dengan menggunakan 3 tahap Formula Penjualan A-B-C.
Tahap I : A - Acknowledgment
Pada tahap ini Anda
dituntut untuk mampu mengenalkan (approach), menciptakan daya tarik
(hook), memposisikan diri,siapa Anda, dari mana Anda,bagaimana Anda
mengenal prospek, Anda harus tahu apakah ini saat yang tepat menghubungi
prospek, bagaimana reaksi prospek pada saat pertama Anda membuka
percakapan,apa alasan Anda menghubungi prospek,Bagaimana Anda melakukan
‘probing’ yaitu menggali keinginan dan kebutuhan pelanggan dengan cara
bertanya sebelaum Anda melanjutkan ketahap B, yaitu benefit statements.
Setelah Anda berhasil melampaui tahap pertama Acknowledgment, kemudian Anda lanjutkan ketahap kedua .
Tahap 2 : B - Benefit
Pada tahap kedua ini,Anda dituntut mampu menyampaikan features (produk atau servis yang sedang Anda tawarkan), functions
(karakteristik sebuah produk atau jasa yang Anda tawarkan
misalnya,beratnya,tingginya,warnanya,bentuknya penampilannya,dan
lain-lain), benefits (keuntungan atau manfaat apa yang
didapat dengan memiliki produk tersebut bagi prospek dan apa yang
membedakan differentiation produk atau jasa Anda bila dibandingkan dengan produk sejenis lainnya). Juga Anda dituntut untuk secara gemilang
menunjukkan apa yang menjadi keinginan atau harapan prospek mampu Anda
realisasikan dengan memberikan solusi yang terbaik melalui produk yang
sedang Anda pasarkan.
Pada tahap ini efektif juga jika Anda menerapkan strategi yang diusulkan oleh Renee P.Walkup yaitu dengan formulanya F-B-C
,yaitu Feature – Benefit – Check in .Jadi pada saat Anda menjual produk
atau jasa (F) kemudian menyampaikan keuntungan ,manfaat (B) , usahakan benar-benar
Anda mampu memenuhi apa yang menjadi keinginan,harapan,dan kebutuhan
prospek (Check-in), sehingga prospek segera mengatakan ‘yes’.
Setelah Anda mendapatkan sinyal-sinyal pembelian (buying signals) lalu segera lanjutkan dengan
Tahap 3: . C - Commitment
Yang berarti dapatkan
‘deal’ bisnis dari prospek.Hal ini bisa berarti Anda meminta tanda
persetujuan, pengiriman sample produk,proposal penawaran yang sudah
disepakati atau pengisian order penjualan.
Selamat mencoba!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar