1. Anda harus berfokus pada pasar dan perusahaan
Anda harus digerakkan oleh konsumen pada tingkat yang memadai. Mulai
melihat peluang dalam need setiap konsumen anda.
2. Mulailah untuk sepenuhnya memahami konsumen
target Anda. Melakukan survey dengan berbincang atau sedikit kuisioner
akan membantu anda untuk mengenal konsumen anda. Dan anda akan
diuntungkan karena anda akan mulai bukan hanya mengenal tetapi juga
memahami.
3. Definisikan dan monitor pesaing-pesaing Anda
dengan lebih baik. Kenali baik-baik “medan pertempuran” dan anda akan
mulai melakukan inovasi.
4. Kelola hubungan dengan para stakeholder secara benar.
5. Temukan peluang-peluang baru. Ini
satu hal yang penting dan sudah saya singgung diatas, bahwa anda dapat
menemukan peluang dalam need konsumen atau pasar anda.
6. Buat Rencana pemasaran dan proses perencanaan pemasaran Anda secara matang,
7. Anda harus mulai memperhatikan Kebijakan-kebijakan produk dan jasa Anda .
8. Anda harus mengejar Keahlian-keahlian brand-building dan komunikasi.
9. Anda harus bisa mengorganisir dengan cukup baik untuk menjalankan pemasaran secara efisien dan efektif.
10. Maksimalkan pemanfaatan Teknologi, Media Pemasaran yang sekarang makin maju dan berkembang. ( Atlas Christian – Crown Graha Investama )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar