Apa yang berlaku di dunia marketing saat ini adalah
benar-benar kebalikan dari apa yang berlaku pada satu dekade yang lalu.
Apakah Anda menyadarinya?
Bila artikel sebelumnya sudah membuka mata Anda, sekarang adalah saat
yang tepat untuk membaca ulasan Geoffrey James mengenai aturan-aturan
baru di dunia marketing, agar Anda tahu ke mana harus melangkah. Berikut
ini ulasannya, dikutip dari Inc (17/03/2013):
Aturan Baru
Praktik-praktik marketing yang dulu pernah melambungkan nama Coke sekarang tidak akan berlaku lagi pada Anda. Inilah yang berlaku saat ini: • Langkah 1: Ciptakan sebuah produk yang menyasar tipe konsumen dan pembeli yang sangat spesifik. • Langkah 2: Tujukan pesan marketing Anda pada audiens tersebut untuk menjadikan mereka advokat bagi brand Anda. • Langkah 3: Pastikan advokat-advokat tersebut menyuarakan nama brand dan masa depan pemasaran Anda.
Praktik-praktik marketing yang dulu pernah melambungkan nama Coke sekarang tidak akan berlaku lagi pada Anda. Inilah yang berlaku saat ini: • Langkah 1: Ciptakan sebuah produk yang menyasar tipe konsumen dan pembeli yang sangat spesifik. • Langkah 2: Tujukan pesan marketing Anda pada audiens tersebut untuk menjadikan mereka advokat bagi brand Anda. • Langkah 3: Pastikan advokat-advokat tersebut menyuarakan nama brand dan masa depan pemasaran Anda.
Anda bisa perhatikan, ini adalah hal-hal yang berkebalikan dengan apa yang dulu pernah berlaku.
1. Aturan lama adalah “broadcast” (meluas) dan memanfaatkan berbagai bentuk media massa, sementara aturan baru adalah “narrowcast” (menyempit) dan memanfaatkan media yang sangat tersegmen.
2. Aturan lama memaksa Anda untuk berusaha menjangkau massa
yang luas, sementara aturan baru berusaha menjangkau kelompok kecil dari
sejumlah individu.
3. Aturan lama memungkinkan Anda mengontrol brand dan takdir
Anda, sementara aturan baru memberikan kontrol tersebut pada pelanggan
Anda.
Silakan abaikan aturan baru ini dan bisnis Anda sedang dalam bahaya.
Geoffrey James, kolumnis blog sales-oriented yang paling
banyak dikunjungi di dunia. Bukunya yang telah diterbitkan antara lain:
Business to Business Selling: Power Words and Strategies From the
World’s Top Sales Experts.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar