Selasa, 01 Juli 2014

Pergeseran Tren Marketing (1): Tinggalkan Aturan Marketing Yang Sudah Usang Ini!

Memang banyak brand legendaris yang sukses dibangun dengan cara-cara marketing yang sudah kuno ini. Namun ketika brand yang baru merangkak ikut menerapkannya, bukan kesuksesan yang mereka dapat, melainkan nestapa. Mengapa?
trapped
Bila Anda berpikir dunia marketing saat ini masih sama seperti 20 atau bahkan 10 tahun yang lalu, Anda benar-benar keliru. Alasannya sederhana. Apa yang berlaku saat ini adalah kebalikan dari apa yang berlaku di masa lalu. Supaya Anda tidak salah melangkah, simak ulasan Geoffrey James berikut ini mengenai aturan-aturan marketing yang sudah usang, dikutip dari Inc (17/03/3013):
Aturan Lama
Inilah aturan-aturan marketing yang diajarkan di sebagian besar kursus bisnis, dan digunakan sebagian besar perusahaan (banyak di antara mereka yang sedang berjuang mati-matian):
• Langkah 1: Ciptakan sebuah produk yang punya daya tarik luas bagi sejumlah besar konsumen atau pembeli. • Langkah 2: Jangkau audiens sebanyak mungkin dengan sebuah pesan yang menarik bagi banyak pembeli potensial. • Langkah 3: Ciptakan nama brand yang mudah dicerna yang dapat diperluas penggunannya pada produk-produk lain yang berbeda kategori.
Setelah aturan-aturan lama ini terbukti sukses mengantarkan sejumlah perusahaan seperti Sony dan Coke membangun brand yang kuat, kini tipe “broadcast marketing” seperti tidak mampu berbuat apa-apa lagi, karena: 1. Internet dan pertumbuhan saluran media telah memecah-mecah konsumen dan pembeli ke dalam kelompok-kelompok kecil, yang masing-masing kelompok memiliki minat dan karakteristik sendiri-sendiri. 2. Pesan yang bertujuan menarik konsumen dan pembeli ini harus disesuaikan dan dipersempit fokusnya supaya meningkatkan perhatian. 3. Perluasan penggunaan brand dan pesannya sudah terlalu sering sehingga konsumen dan pembeli dengan mudah mengabaikannya.
Dengan kata lain, apa yang terjadi pada Coke tidak terjadi pada Anda. Lalu apa yang bisa Anda lakukan saat ini? Tentu saja ada aturan-aturan baru di dunia marketing yang harus Anda pahami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar