Minggu, 10 Agustus 2014

Tipe-Tipe Customer

Apabila anda berkecimpung di dalam retail baik high-end maupun low-end, anda pasti akan bertemu dengan macam-macam tipe customer yang datang ke dalam toko anda. Melalui post ini saya akan membagikan pengalaman saya bertemu customer-customer tersebut.

Customer dapat dibedakan menjadi beberapa tipe:
1.Defensive
Tipe customer seperti ini tidak pernah mempercayai SPG saya, mereka menolak untuk berkomunikasi dalam bentuk apapun, biasanya sangat tidak kooperatif dan apabila dia merasa tersinggung maka dia dapat dengan mudah marah-marah. Untuk tipe seperti ini hal yang paling baik untuk dilakukan SPG saya adalah menjawab apabila ditanya, tidak usah terlalu dekat-dekat dan stick to basic, hanya berikan kebaikkan-kebaikkan produk yang dia lihat.

2.Interrupter
Tipe yang seperti ini biasanya orangnya intens, mempunyai personality yang tidak sabar, selalu bertanya kepada SPG saya, dan biasanya orangnya adalah tipe orang karir yang sudah sukses sehingga selalu menginginkan result dengan cepat dan sekarang juga. Hal yang terbaik yang bisa dilakukan untuk tipe orang-orang seperti ini adalah, segera selesaikan sale anda dan jangan buang-buang waktu karena biasanya orang seperti ini sudah tau apa yang dia inginkan pada saat dia masuk ke dalam toko.

3.Decisive
Tipe yang seperti ini biasanya orangnya sangat percaya diri dalam hal mengambil keputusan dan ketika dia sudah mengambil keputusan dia akan “stick with it.” Walaupun dia terbuka untuk ditawarkan produk-produk lainnya, apabila produk-produk tersebut tidak sesuai dengan “pride”nya dia maka dia tak akan membelinya. Hal yang terbaik yang dapat dilakukan untuk orang-orang tipe seperti ini adalah teruslah setuju dengan pendapatnya, jangan sekali-kali menunjukkan bahwa dia salah dalam mengambil keputusannya.

4.Indecisive
Tipe yang seperti ini adalah orang-orang yang selalu takut untuk mengambil sebuah keputusan, takut salah maksudnya. Biasanya mereka akan menunda keputusannya dan menginginkan SPG untuk membuat keputusan itu bagi mereka. Hal yang terbaik yang dapat dilakukan untuk customer tipe ini adalah pertama-tama jangan ikutan panic atau frustasi, segera cari tahu needs mereka dan konsentrasi pada hal tersebut. Jangan juga memberikan banyak pilihan karena dia akan tambah bingung dengan pilihan-pilihan yang ada.

5.Sociable
Tipe yang seperti ini sangat friendly, mereka adalah orang-orang yang bawel dan sangat menyenangkan ketika mengunjungi toko anda. Mereka juga suka sekali cerita tentang hal-hal yang menyenangnkan bagi mereka. Walaupun mereka menyenangkan tapi ketika saat akan membeli biasanya mereka akan menunda keputusan untuk membeli barang-barang kita. Hal yang terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan mendengarkan mereka dan berinteraksi dengan mereka, jangan memaksa mereka untuk membeli tapi dengan halus arahkan mereka untuk membeli dengan berusaha untuk meng-inject keunggulan produk-produk kita pada saat kita berinteraksi dengan mereka.

6.Impulsive
Tipe yang seperti ini adalah orang-orang yang cepat membuat keputusan, tidak sabar dan secepat mereka masuk secepat pula mereka keluar. Hal yang terbaik yang dapat dilakukan untuk tipe customer yang seperti ini adalah segeralah menjual produk anda sebelum dia keluar seperti angin, jangan buang-buang waktu dengan berinteraksi dengan mereka dan hanya tonjolkan keunggulan-keunggulan produk anda yang kira-kira bisa menarik perhatiannya.

Ini yang saya pelajari dulu waktu masih kuliah, kalau ada yang mau menambahkan monggo……

Irvan Irawan Jie
“Customers are your friend, they are the one who keeps you from being jobless”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar