Manusia sebagai
mahluk sosial pada dasarnya memerlukan interaksi dengan manusia lain
untuk kelangsungan hidupnya. Kebutuhan akan sarana komunikasi sudah
tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan saat ini, ketika ruang
atau jarak tidak lagi menjadi penghalang untuk berkomunikasi. Terlebih
untuk anak muda jaman sekarang yang hidup dalam era teknologi dan
komunikasi sangat haus akan informasi baik dari teman atau komunitasnya
maupun dari dunia luar yang masih asing baginya. Namun, hal ini
terkadang terkendala oleh faktor biaya yang cukup besar serta kebutuhan,
keinginan, dan hasrat yang berbeda antara apa yang ditawarkan oleh
operator seluler dengan apa yang diharapkan oleh konsumen.
Mencermati
akan kebutuhan dasar manusia (anak muda) saat ini akan interaksi
sosial, PT XL Axiata Tbk. selaku salah satu operator telepon seluler di
Indonesia berusaha menyediakan sarana komunikasi berkualitas dan
terjangkau dalam rangka menjawab keinginan serta hasrat pelanggan
menjadi salah satu faktor penting dalam peningkatan layanan
berkomunikasi karena hal ini sesuai dengan visi XL untuk dapat
memberikan layanan komunikasi yang bisa dinikmati seluruh lapisan
masyarakat.
XL
telah mampu menstimulusasi keinginan konsumen melalui promo- promonya
saat ini, salah satunya dengan menggunakan anak kecil (Baim) untuk
menarik konsumen dari kalangan anak kecil dan remaja yang tiap tahun
kian bertambah besar dan belum digarap dengan baik dan serius oleh
operator seluler lainnya. Kita bisa melihat setelah iklan XL bersama
Baim dikeluarkan, maka secara kasat mata pula kita bisa melihat
meningkatnya penggunaan HP dikalangan anak kecil dan remaja yang berarti
semakin meningkat pula pangsa pasar yang tercipta bagi operator
seluler.
“XL
Slalu Untukmu”, itulah lagu/ slogan XL yang selalu kita dengar dan
sangat akrab di telinga kita serta tidak asing lagi di benak
pelanggannya dengan ikonnya band terkemuka di Indonesia yaitu Bondan
Prakoso, yang diharpakan mewakili kaum muda, telah mampu memberikan
positioning yang bagus dalam segmentasi anak muda saat ini. Slogan XL Slalu Untukmu telah mampu menjadi tagline XL sampai dengan saat ini.
Pangsa pasar yang sangat besar di Indonesia khususnya anak muda
merupakan satu peluang yang sangat prosfektif dan menjanjikan dan telah
mampu ditangkap serta dimamfaatkan dengan baik oleh XL karena mampu
melihat dan menganalisa karakter serta kondisi anak muda Indonesia yang
sangat kompleks dan variatif yang artinya juga memiliki keinginan dan hasrat yang beragam pula.
Dengan
mengandalkan berbagai macam jenis paket dalam programnya yang
ditawarkan kepada konsumen, XL telah berhasil memberikan suatu pilihan
kepada konsumen untuk memilih cara dan biaya berkomunikasi
yang sesuai dan mereka inginkan sehingga memberikan kemudahan dan
keleluasaan kepada pelanggan dalam berkomunikasi, dengan model ini XL telah mampu menggait konsumen yang besar khususnya dalam segmentasi anak muda (youth)
Keseriusan
XL menggarap segmentasi ini, untuk memberikan pelayanan yang baik serta
demi kepuasan pelanggan dari seluruh tingkatan ekonomi masyarakat
tergambar dari berbagai macam fitur dan paket yang disediakan XL, yaitu :
- Paket nelpon (gratis nelpon berjam- jam, nol rupiah+smsan 100% gratis, Unlimited, 24 jam)
- Paket super hemat (AKRAB, Nelpon,Unlimited SMS, Nelpon+sms, Nelpon+sms+Internet)
- Paket internet/blackberry (Internet, Blacberry, dan gratis XL Go)
- Konten (mau 2 rb, RBT, berhadiah, game, nongkrong seru, seru dan gratis, layanan, music live)
- Lain (paket youth, community, paket corporate)
Paket- paket yang disediakan XL telah mampu memenuhi dan
memberikan jawaban serta alternatif segala jenis kebutuhan dan hasrat
berkomunikasi pelanggan baik itu dengan telepon, sms, mupun via
internet/ Blackberry. Kepuasan pelanggan inilah yang telah mampu
mengantarkan XL menjadi salah satu provider terkemuka di Indonesia dan
menjadi operator ketiga terbesar berdasarkan banyak pelanggannya. Hal Ini tentulah sangat berarti dan suatu prestasi karena XL termasuk masih muda dibanding operator seluler lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar