Bagi
segala jenis bisnis, strategi pemasaran memegang peranan penting dalam
menunjang kesuksesan. Tentunya, strategi pemasaran bisnis kecil berbeda
dengan bisnis yang sudah mapan.
Berikut ini kami paparkan beberapa strategi pemasaran bagi bisnis kecil yang disadur dari CNNMoney:
1. Jangan beriklan seperti bisnis besar
Bisnis besar beriklan untuk mengukuhkan merek dan penjualan di masa depan. Bila bisnis Anda baru saja dimulai dalam skala yang kecil, lebih baik fokuskan iklan untuk mendongkrak penjualan. Caranya, cantumkan alamat lengkap atau nomor kontak yang jelas dalam iklan yang Anda buat, agar konsumen mudah menghubungi Anda.
2. Tawarkan versi hemat
Menghadapi produk baru yang belum dikenal, biasanya konsumen cenderung memilih yang murah harganya. Jadi, usahakan menjual dengan harga yang lebih rendah daripada produk sejenis yang lebih dulu terkenal. Bila kualitas produk Anda lebih baik dari produk pesaing, dengan harga yang lebih murah, konsumen pasti akan beralih ke Anda.
3. Tawarkan versi premium
Selain versi murah meriah, Anda bisa mendiversifikasi produk dengan menawarkan versi premiumnya. Anda bisa menggabungkan beberapa produk atau jasa dalam tawaran satu paket premium spesial, dengan harga yang lebih mahal.
4. Gunakan cara pemasaran kreatif
Selain beriklan di media massa, rajin mengikuti bazar, Anda bisa meningkatkan penjualan dnegan berpromosi secara langsung kepada target market Anda. Contoh, buatlah leaflet dan kirimkan ke calon konsumen sesuai target.
5. Iklan kecil dan online
Kurangi ukuran iklan sehingga Anda dapat memasang iklan lebih banyak dengan biaya yang sama. selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan internet untuk mengiklankan bisnis Anda.
6. Kerjasama dengan pebisnis kecil lainnya
Hubungi beberapa pebisnis kecil yang bukan kompetitor Anda. Tawarkan untuk bekerjasama dalam mempromosikan produk. Dengan demikian, area promosi Anda bisa lebih luas.
7. Manfaatkan konsumen
Konsumen yang loyal akan membantu perkembangan bisnis Anda. Manfaatkan mereka sebagai agen promosi tak resmi. Misalnya, dengan memberikan tawaran-tawaran khusus untuk mereka sebelum diberikan kepada khalayak umum. Pastikan pelanggan Anda setia, karena penguatan testimonial dari mereka jauh lebih efektif ketimbang iklan-iklan Anda di media massa.
Berikut ini kami paparkan beberapa strategi pemasaran bagi bisnis kecil yang disadur dari CNNMoney:
1. Jangan beriklan seperti bisnis besar
Bisnis besar beriklan untuk mengukuhkan merek dan penjualan di masa depan. Bila bisnis Anda baru saja dimulai dalam skala yang kecil, lebih baik fokuskan iklan untuk mendongkrak penjualan. Caranya, cantumkan alamat lengkap atau nomor kontak yang jelas dalam iklan yang Anda buat, agar konsumen mudah menghubungi Anda.
2. Tawarkan versi hemat
Menghadapi produk baru yang belum dikenal, biasanya konsumen cenderung memilih yang murah harganya. Jadi, usahakan menjual dengan harga yang lebih rendah daripada produk sejenis yang lebih dulu terkenal. Bila kualitas produk Anda lebih baik dari produk pesaing, dengan harga yang lebih murah, konsumen pasti akan beralih ke Anda.
3. Tawarkan versi premium
Selain versi murah meriah, Anda bisa mendiversifikasi produk dengan menawarkan versi premiumnya. Anda bisa menggabungkan beberapa produk atau jasa dalam tawaran satu paket premium spesial, dengan harga yang lebih mahal.
4. Gunakan cara pemasaran kreatif
Selain beriklan di media massa, rajin mengikuti bazar, Anda bisa meningkatkan penjualan dnegan berpromosi secara langsung kepada target market Anda. Contoh, buatlah leaflet dan kirimkan ke calon konsumen sesuai target.
5. Iklan kecil dan online
Kurangi ukuran iklan sehingga Anda dapat memasang iklan lebih banyak dengan biaya yang sama. selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan internet untuk mengiklankan bisnis Anda.
6. Kerjasama dengan pebisnis kecil lainnya
Hubungi beberapa pebisnis kecil yang bukan kompetitor Anda. Tawarkan untuk bekerjasama dalam mempromosikan produk. Dengan demikian, area promosi Anda bisa lebih luas.
7. Manfaatkan konsumen
Konsumen yang loyal akan membantu perkembangan bisnis Anda. Manfaatkan mereka sebagai agen promosi tak resmi. Misalnya, dengan memberikan tawaran-tawaran khusus untuk mereka sebelum diberikan kepada khalayak umum. Pastikan pelanggan Anda setia, karena penguatan testimonial dari mereka jauh lebih efektif ketimbang iklan-iklan Anda di media massa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar