Sebagai praktisi dalam bidang pemasaran tentu kita merasa perlu untuk
terus mengembangkan pemasaran kita dengan teknik dan strategi baru.
Beberapa tahun yang lalu kita sempat dihebohkan dengan berita bahwa di
Korea dan dibanyak Negara didunia bahkan di Indonesia juga ada orang
yang kecanduan bermain game online sampai meninggal. Setelah dipelajari
memang ternyata ada banyak sekali elemen dalam dunia game yang dapat
membuat orang terikat atau ketergantungan dengan game yang dia mainkan.
Dan ternyata diluar sana banyak praktisi didunia bisnis yang mempelajari
elemen-elemen tersebut dan akhirnya menerapkan dalam suatu bidang
keilmuan yang disebut Gamification dimana Gamification sendiri memiliki
pengertian bahwa menerapkan elemen-elemen yang ada di dalam game untuk
keperluan diluar game seperti bisnis, pemasaran, dan lain-lain. Dan
teknik itu terus dikembangkan sampai sekarang, terakhir saya pelajari
terdapat 71 teknik dahsyat gamification yang dapat digunakan untuk
membuat orang tergila-gila membeli produk kita, tanpa harus kita
membujuk atau merayu mereka untuk membeli produk yang kita jual.
Jika kita melihat bukti
sukses penerapan Gamification yang biasa dipakai misalnya seperti yang
digunakan Tung Desem Waringin ketika menjual seminarnya dengan cara
pembatasan waktu dan pembatasan barang, hanya untuk hari ini saja harga
seminar dari 30 juta jadi hanya 5 juta, atau hanya untuk 20 orang
pertama saya berikan harga 3 juta, teknik-teknik ini sering digunakan
didalam game sebagai contoh pada event-event khusus pemain mendapat
double experience, atau drop items special ketika melawan monster.
Contoh lainnya seperti faktor Time Appointment, yang diterapkan oleh Mc
Donald, mereka mengeluarkan khusus menu breakfast jadi dimana menu itu
hanya ada pagi hari, nah hal ini menarik orang yang datang pada pagi
hari untuk membeli menu breakfast tersebut, atau juga yang diterapkan
oleh Blitz megaplex dan XXI dimana untuk hari biasa harganya lebih murah
dibandingkan akhir pekan (weekend), hal ini yang menarik orang untuk
menonton pada hari biasa, dimana yang dulu bioskop hanya ramai pada
akhir pekan.
Masih banyak lagi
teknik-teknik gamification yang diterapkan dalam pemasaran, dan ternyata
teknik gamification ini sangat bagus diterapkan dalam applikasi /
software pemasaran Anda. Jika Anda ingin tertarik mengetahui lebih
banyak bisa datang ke acara seminar saya di hari sabtu ini “Success In Online Business”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar