Selasa, 05 Agustus 2014

Entrepreneur Harus Kuasai Competitive Selling

Seorang entrepreneur tidak selalu harus memiliki keahlian menjual yang di atas rata-rata. Pada kenyataannya, entrepreneur sering kurang mengasah keahlian satu ini. Mereka lebih berfokus pada penciptaan produk daripada usaha penjualan produk tersebut. Namun, di abad informasi sekarang, ketrampilan pemasaran dan penjualan penting artinya bagi keberhasilan setiap usaha baru.


Peribahasa lama “Jika kita buat sesuatu, pelanggan akan datang dengan sendirinya” sudah usang dan tidak berlaku lagi.

Perlu kita ingat bahwa entrepreneur mungkin bukan seorang penjual yang baik tetapi setidaknya mereka memiliki dasar-dasar mengenai penjualan yang memadai, seperti berikut ini:
Menjual nilai vs. menjual harga
Konsep ini berlaku baik untuk meyakinkan investor agar mau mendanai Anda, agar pegawai mau bergabung dengan bisnis Anda, atau pelanggan agar mau membeli dari Anda. Tunjukkan pada mereka bahwa Anda ialah alternatif terbaik yang mereka miliki, bukan yang menawarkan harga paling murah. Tunjukkan pada mereka angka return on investment (ROI) yang sesuai dengan ekspektasi mereka.

Menciptakan ‘medan tempur ‘ sejak awal
Lakukan langkah-langkah yang diperlukan sesuai aturan yang ada (due diligence) sebelum orang lain menentukan parameeter/ tolok ukurnya. Bagi investor, temukan apa yang mereka sukai, apa yang mereka butuhkan dan apa yang mereka sudah lakukan sebelum pertemuan pertama. Lalu jual hingga ke titik ini. Gunakan cara yang sama untuk mendapatkan pegawai terbaik dan menangkan hati pelanggan utama.
Jadilah pengumpul informasi rinci
Dengar sebelum bicara. Analisis dulu kebutuhan klien yang penting, peran pegawai dan produk pelanggan. Pimpinlah dari minat pribadi yang pesaing Anda belum pernah minta dan abaikan.Temukan lingkungan dalam dan sosok berpengaruh. Para investor sangat bergantung pada investor lain yang lebih dihormati. Karyawan baru mungkin mengetahui seseorang dalam perusahaan atau keluarga Anda. Pelanggan memiliki jaringan persetujuan pelaksana. Temukan dan usahakan bisa bertatap muka dengan mereka dan keputusan yang tepat akan didapat. Politik sangat berarti.Menjual di tengah persaingan yang ketat. Keberhasilan nyata dalam bidang ini berasal dari gabungan strategi, kesabaran dan ketangguhan. Hindari berkomentar negatif bahkan jika diminta berpendapat tentang persaingan Anda. Pertahankan profesionalisme, tekankan nilai dan sesuaikan keuntungan dengan apa yang diminati pelanggan dan investor.

Mendapatkan bantuan.
Belajarlah untuk bernegosiasi dengan baik karena itulah kunci menuju penjualan kompetitif. Pertama Anda harus menghadirkan tawaran yang paling efektif , bahkan alternatif, untuk mendukung posisi Anda (berdasarkan due diligence) lalu lakukan inisiatif untuk membuat tawaran. Putuskan jauh-jauh hari apa yang bisa diterima dan saat Anda akan melepaskannya.

Belajarlah seni menyelesaikan penjualan
Anda tidak bisa menyelesaikan penjualan kecuali jika Anda meminta tawaran.Garisbawahi persyaratan dengan jelas dan temukan langkah berikutnya. Minta dan atasi kecemasan utama. Semua dokumen tersedia setelah keputusan dan ucapkan terimakasih dan jabat tangan. Konsep ini sama saja dalam mendapatkan investasi, karyawan yang amat dibutuhkan atau pelanggan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar