Selasa, 18 Juni 2013

Membuka Usaha distributor

Buka usaha  di bidang pemasaran adalah peluang bisnis yang sangat menantang dan memiliki masa depan cerah. Tantangan yang sangat menarik ini juga menawarkan keuntungan yang tidak sedikit. Orang-orang yang haus akan kerja keras akan mereguk semua tantangan tersebut. Karakter ingin sukses sangat dibutuhkan untuk memasuki dunia ini. distributor atau supplier adalah usaha bisnis yang bergerak sebagai penjual langsung dari produsen, untuk dijual kembali / distribusikan kepada pedagang eceran.

Tugas distributor menawarkan jasa mendistribusikan produk kesemua jaringan pemasaran sesuai target pasar. Selain itu wajib ikut serta produsen membangun image produk agar brand image bisa dibangun sesuai harapan produsen. Caranya aktif promosi melalui media massa dan menggelar promo event. Dalam rantai ekonomi konvensional, distributor menempati posisi kedua setelah produsen sebagai sumber arus produksi barang. Distributor itu sama saja sebagai pedagang besar yang kulakan barang langsung dari produsen. Pada usaha jenis lain, bisa jadi distributor tak menyediakan dana untuk kulakan barang.
 
Distributor hanya mengambil selisih harga dari ambil barang dan harga jual ke pedagang grosir. Selisih harganya 10 hingga 40% dari harga dasarnya.
Menjadi distributor resmi dari sebuah produk, diperlukan kontrak kerja sama yang di dalamnya tertera klausul hak dan kewajiban dari kedua belah pihak. Keberadaan distributor sangat membantu produsen dalam menyebarkan produknya ke pasar. Tanpa perlu membangun devisi marketing sendiri.
Cara membuka UsahaDistribusi

Buka usaha perusahaan distribusi bisa menjadi jembatan meniti bidang pemasaran. Perusahaan distribusi biasanya dijalankan oleh orang-orang yang sudah terlebih dahulu menjadi seorang agen marketing di perusahaan serupa. Juga demikian dengan orang-orang yang sudah akrab dengan para pemasok dan tahu jalur pemasaran produk tersebut.
Jika Anda tertarik ingin menggeluti bisnis distribusi produk, ada baiknya sebelum membuka usaha, harus memenuhi syarat-syarat legal, seperti di bawah ini. 
 
Mengurus Surat akta pendirian perusahaan

Pendirian perusahaan supplier yang berbentuk CV paling tidak membutuhkan dana sebesar Rp. 50 juta keatas. Rp3 juta diperlukan untuk pembuatan akte notaris. Akte ini menjelaskan bentuk perusahaan, berapa jumlah modal, siapa pemegang modal, berapa jumlah pemegang modal, berapa dana dari masing-masing pemegang modal, nama perusahaan, alamat perusahaan.
Bila akan membentuk sebuah PT, modal minimal Rp200 juta, biaya notaris bisa sampai Rp. 5 juta. Lama pengurusan surat-menyurat di notaris ini sekitar 3 hari.

Mengurus Surat Izin Usaha dan Surat Izin Tempat Usaha di Pemerintahan Setempat

Lamanya pengurusan izin ini bisa sampai seminggu. Biayanya, untuk CV hampir sama dengan biaya notaris, Rp3 juta dan untuk PT, sekitar Rp 5 juta. Syarat-syarat legal ini, bisa dipakai untuk mengajukan kerjasama distribusi kepada produsen lain yang lebih besar. Seperti produk impor, produk IT , elektronik dan sebagainya. 
 
Mengurus NPWP Perusahaan di Kantor Pajak

NPWP kepanjangan dari Nomor Peserta Wajib Pajak. Membuka usaha bisnis di Indonesia, salah satu syaratnya harus mendaftarkan diri menjadi peserta wajib pajak aktif. Setiap subjek pajak nanti diberi kartu NPWP. Membuat NPWP sangat mudah dan tak perlu membayar. Lama pengurusannya sekitar seminggu.
Ketika subjek pajak sudah terdaftar menjadi subjek pajak, setiap tahun wajib membayar pajak untuk usahanya dan wajib membuat SPT / Surat Pemberi Tahunan yang harus dibuat setiap tahun. 
 
Menyiapkan SDM dan tempat usaha

Pekerja yang dibutuhkan minimal 6 orang. Satu orang sebagai office boy, satu orang sopir, satu orang di bagian keuangan, dan satu orang mengurusi administrasi. Dua orang bagian marketing yang bertugas mendistribusikan barang ke pedangan grosir. Sedangkan distributor elektronik, menambah satu devisi reparasi untuk barang retur karena rusak dari konsumen.
Biasanya sebelum berani membentuk perusahaan
distribusi , calon perusahaan telah memiliki satu atau dua konsumen dengan pembayaran yang tertib dan teratur. Bila belum mendapatkan konsumen yang baik seperti itu, biasanya pemain di bidang ini belum akan mendirikan perusahaan sendiri.

Sedangkan tempat usaha sebaiknya pilih rumah penduduk yang ukurannya agak luas. Tujuannya untuk memarkirkan kendaraan, dan sbagian ruangan dipakai untuk gudang logistik. Yang pasti tempat usaha, harus bebas banjir, fisik bangunan kokoh, bebas bocor, sedangkan tempat menyimpan stok produk harus kering bebas dari lembab.
Apalagi kalau ingin menjadi agen distributor resmi produk elektronik atau buku, sebelum kerjasama disetujui oleh produsen, perwakilan produsen datang langsung meninjau lokasi usaha Anda, guna diperiksa kelayakan tempat usaha dan kekuatan armadanya.
Jangan sampai usaha Anda rugi atau gagal menggaet produsen besar karena tak mengindahkan syarat minimum penyediaan tampat usaha. 
 
Hubungi Pemasok Anda

Menghubungi pihak pemasok dan berpromosi kepada para calon konsumen dengan mengatakan bahwa perusahaan supplier tersebut bergerak di bidang supply aneka barang alias general supplier. Pokoknya apapun yang orang butuh, perusahaan supplier berusaha memenuhi kebutuhan tersebut.
Bagi pebisnis pemula, pilihlah jenis produk yang menjadi kebutuhan utama konsumen, misalnya beras, minuman sachet, susu kemasan, fashion dan sebagainya. Sedangkan produk sekunder yang direkomendasikan adalah buku, gadget, obat-obatan. 
 
Analisis penjualan barang anda

Bila sudah berjalan dengan baik dengan kondisi keuangan yang bagus, mulailah menganalisis semua barang yang selama ini di jual. Bila ada satu dua barang dengan penjualan yang baik, berusahalah untuk mengajukan keagenan secara resmi kepada pihak pemasok.
Dengan menjadi agen resmi, apalagi barang yang sudah terkenal dan banyak digunakan oleh masyarakat, maka kehidupan perusahaan
distribusi akan semakin terjamin. Kalau sudah begini, ekspansi bisa dilakukan

Jenis-jenis bisnis distributor

Bentuk usaha bisnis supplier dilihat dari konsep pemasarannya terbagi menjadi sejumlah tahap dan levelnya. Berikut ini merupakan penjelasan tentang jenis-jenis distributor. 
 
Distributor tunggal 
 
Jenis pertama adalah distributor tunggal, maksudnya adalah usaha yang bergerak dibidang perdagangan dari pihak pertama selaku produsen memasrahkan kepada pihak kedua distributor untuk masarkan produknya secara ekslusif. Jadi hanya distributor yang ditunjuk saja yang boleh menjualkan produk –produk dari merk X.
Misalnya sepeda motor merk Z hanya bisa dibeli di agen A, harga resminya sudah jelas dan layanan purna jualnya pun tersedia di Agen A, selain itu ada sejumlah kemudahan lain yang ditawarkan. Konsumen yang membeli diluar agent A tak akan mendapatkan garansi dan benefit lainnya. 
 
Sub distributor 
 
Sub distributor adalah agen kedua setelah distributor resmi. Jadi distributor pertama menyerahkan produk dari produsen untuk dijual oleh distributor kedua atau sub distributor. Kerjasama bisnis ini dimungkinkan dengan tujuan ketika agen pertama akan melakukan ekspansi pasar ke sebuah wilayah baru tapi belum siap akan tambahan SDM dan armada pendukungnya. Jalan keluarnya adalah melakukan kerjasama dengan agen lokal untuk memasarkan produknya. Mungkin sifat kerjasama bisnis ini hanya sementara sambil test market.
Ketika proses sosialisasi dan test market menunjukan gejala positif dan omzet penjualan kian naik. Langkah selanjutnya distributor utama mendirikan cabang baru, wilayah pemasaran tersebut.
Kerjasama model begini kerap dilakukan oleh distributor dari luar negeri. Mereka sebelum membuka pasar di Indonesia, mencoba dulu mengenalkan produknya melalui sub distributor yang ditunjuk oleh produsen. Mungkin selama dua sampai tiga tahun mereka mencoba mengenalkan produk asing kepada pasar. Di sini ada dua pilihan produk laku dipasaran atau gagal jual karena berbagai kendala. Ketika laku sebagaimana yang sudah dijelaskan diatas langsung buka cabang. Namun jika tak laku atau gagal jual, kerjasama bisnis langsung dihentikan guna mengurangi kerugian yang lebih banyak dari kedua belah pihak.
Demikianlah sekilas tentang buka usaha menjadi agen distributor produk. Setiap bisnis adalah benefit dan resikonya

5 komentar:

  1. Kepada YTH
    Bag. Import Dept

    Dengan Hormat,


    Bersamaan dengan ini perkenalkanlah Kami dari PT.PRESSTI ASIA INDONESIA Yang begerak dibidang Jasa Export –Import Door To Door
    Kami Adalah Spesialis Dalam Pengiriman Barang Ekspor Dan Impor Dengan Layanan ‘Door To Door Service’. Melalui Layanan Ini Kami Akan Mengangkut Barang Mulai Dari Pintu Sipengirim Sampai Ke Pintu Sipenerima Barang. Anda Dapat Memanfaatkan Layanan Kami Dengan Harga Terjangkau Karena Kami Menawarkan Harga Yang Kompetitif Serta Dikombinasikan Dengan Layanan Transportasi Cepat Ke Dan Dari Berbagai Negara Di Dunia Dan Barang Tersebut Akan Kami Antar Sampai Ke Door Tempat Bapak.

    (Sudah termasuk Pajak Impor,Freight dan Biaya Lainnya)

    Pelayanan Utama:
    - Jasa Export Import Door To Door/
    Borongan
    - Door To Door Service
    - Domestic Service
    - Customs Brokerage–Custom Clearance
    - Under Name
    - Import Sea Freight Dan Air Freight Service
    - Export Sea Freight Dan Air Freight Service


    mengenai biaya pembayaran akan kami tagih setelah barang sudah sampai ketempat

    Demikianlah penawaran jasa yang Kami ajukan semoga menjadi bahan pertimbangan bagi Bapak / Ibu untuk menjadi mitra Kami
    Moto Kami : Kesuksesan Anda menjadi Kesuksesan Kami, Solusi Kami menjadi kepercayaan Anda.

    Thanks..

    ( saidi )

    PT.PRESSTI ASIA INDONESIA INTERNATIONAL
    JL. raya lenteng agung kav. 22 no. 20 jakarta selatan
    12610 indonesia
    Whatsapp: 082272122091
    E-gmail: saidipressti.import@yahoo.com

    BalasHapus
  2. Pimpinan / Importer Perusahaan
    Attn: Import & Domestik
    Perihal:Letter Partner Cargo Import & Domestics

    Dengan hormat,
    Kami dari PT.TIGA TIGA INDONESIA INTERNASIONAL mengenalkan diri sebagai perusahaan Exspedisi cargo air & Exspedisi Cargo Ships (EMKL) Int'l Freight Forwarding dan Customs Clearance,Yang berdomesili di jakarta selatan Indonesia,Kami siap bekerjasama with your party.
    Layanan di Perusahaan Kami:
    Jasa Pengiriman Air & Laut
    Ex-Work, FOB, CNF & CIF
    Import Door to Door Service
    Customs Clearance Import Resmi
    Customs Clearance Export
    Customs Clearance Import Borongan (All-In)
    Under Name(Consignee)
    Domestik Antar Pulau
    PT.Tiga Tiga Indonesia Internasional


    Berkomitmen untuk menjadi mitra yang baik dan tepat bagi pelanggan yang mengimport planing.Jika perusahaan Bapak / Ibu tidak memiliki Izin Import, sedangkan kebutuhan untuk mengimport Sangat mendesak, maka kami menawarkan solusi yang tepat dalam hal importasi dengan sistem UNDER NAME(Consignee)
    Jadwal konsolidasi Import Door to Door By Air & By Sea:



    Singapura
    Ke
    Indonesia
    China
    Ke
    Indonesia
    Taiwan
    Ke
    Indonesia
    Malayasia
    Ke
    Indonesia
    Eropa
    Ke
    Indonesia


    System Service:



    DOOR TO DOOR (Ex - Work), DIRECT STATE OF ORIGIN



    TRANSHIPPMENT SINGAPORE, SINGAPORE AGENT CONSIGNEE PORT TO DOOR (FOB, CIF & C&F) CUSTOM CLEARANCE SERVICE OFFICIAL, HAVE PERMISSION TO LEGAL OWNER OF IMPORTED GOODSPORT TO DOOR (FOB, CIF & C&F) RENTAL FLAG (UNDER NAME) AUTHORIZED SERVICE & WHOLESALE, WE IMPORT PERMITS LEGALITY





    Jika Anda membutuhkan jasa pengiriman silahkan menghubungi kami kapan saja.

    Bila ada hal yang hendak di tanyakan lebih lanjut.

    Hubungi kami


    Aziz
    PT Tiga Tiga Indonesia Internasional
    Gedung Granada Regatama Room A206 Setia Budi Jaksel
    Phone : 021 - 2232 3158
    Fax : 021 - 2283 3021
    Hp/WA : 08126529324
    Email : Aziz.export.import@gmail.com

    Tampilkan pesan asli
    importdoortodoor.com

    BalasHapus
  3. terimakasih telah berbagi info menarik yang bermanfaat
    Aplikasi Kasir Android Offline

    BalasHapus
  4. terima kasih atas informasinya,sangat bermanfaat..

    BalasHapus