Selasa, 11 Juni 2013

Bagaimana Memasarkan Produk Kepada Pengecer ?


01
Anda bisa saja mengeluarkan sebuah produk yang hebat. Namun, bagaimana agar para pengecer bersedia memajang di rak-rak mereka bisa jadi merupakan hal yang tak mudah.
Masalahnya, para pengecer dihadapkan pada begitu banyak pilihan dan tawaran, sedangkan Anda tentu ingin agar produk Anda tampak lebih menonjol dibanding produk lain.
Bagaimana agar Anda bisa memperkecil resiko penolakan dari para pengecer? Kegigihan dan profesionalisme akan menebus semua rintangan yang ada.
Berikut ada beberapa tips untuk memasarkan produk kepada para pengecer :
Ciptakan buzz untuk produk Anda, misalnya dengan mengirimkan siaran pers ke media, mengumumkan dan menjelaskan mengapa produk Anda harus dimiliki.
Tingkatkan kesadaran publik terhadap produk Anda melalui iklan. Bagaimana jika anggaran Anda terbatas ? Cobalah dengan membagikan brosur dan sampel. Beriklan dengan biaya yang relatif terjangkau bisa pada surat kabar, atau radio lokal.
Kirim surat kepada pengecer, perkenalkan diri dan produk Anda. Jelaskan pada mereka di mana para pengecer bisa dapat melihat iklan produk Anda. Beritahu juga mereka bahwa Anda ingin memberikan sampel dan daftar harga, tentu usahakan agar Anda berhasil membuat janji.
Jika Anda tidak berhasil bertemu dengan orang-orang pemegang posisi kunci di pengecer yang Anda tuju, tinggalkan sampel, daftar harga dan bahan promosi. Jangan lupa pula nomor dan alamat yang dapat dihubungi.
Ciptakan insentif untuk pengecer dengan menawarkan diskon misalnya. Jika perlu, milikilah kebijakan pengembalian produk. Siapa tahu produk Anda ada yang rusak atau cacat.
Buka telinga lebar-lebar, dengarkan apa kata pengecer yang menolak produk Anda. Mintalah keterangan kepada mereka mengapa mereka menolak, dan cari tahu cara untuk memperbaikinya.
Nah, barangkali Anda punya tips lain ? Silahkan tambahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar