Kamis, 20 Juni 2013

13 Kesalahan dalam Mengelola Keuangan Usaha Anda

mengelola keuangan usaha
Manajemen keuangan merupakan bagian penting dalam membangun dan menjalankan sebuah perusahaan. Pengelolaan finansial yang tidak bagus dapat membuat kondisi perusahaan carut-marut. Untuk menghindari situasi tersebut, ada baiknya anda tidak melakukan kesalahan-kesalahan yang umumnya  terjadi dalam manajerial keuangan, antara lain:

1. Tidak Mempunyai Program Menabung (Saving Plan)
Setiap perusahaan wajib menyisihkan sekian persen dari keuntungan untuk disimpan dalam bentuk tabungan atau investasi lainnya. Persentase keuntungan yang ditabungkan berkisar 5%-15%.

2. Melakukan Pembelian yang Tidak Perlu
Salah satu hal yang merusak program keuangan anda adalah membeli barang yang tidak perlu dan belum mendesak untuk keperluan usaha.

3. Tergoda Barang Mewah (Luxuries)
Memiliki barang mewah memang menjadi sebuah kebanggaan tersendiri, apalagi bisa dipajang, dipakai dan dijadikan aset di perusahaan. Namun, jika keuangan belum stabil, maka pembelian barang mewah bukanlah keputusan yang bijak.

4. Ketergantungan Berlebihan terhadap Kartu Kredit
Penggunaan kartu kredit memang membuat segala urusan transaksi menjadi lebih mudah dan lancar. Namun bila tidak bisa memberikan limit dan terlalu asyik menggunakan kartu kredit, bukan tidak mungkin anda akan shock tiap bulannya.

5. Tidak Menyisihkan untuk Dana Darurat
Bila profit sudah dicapai oleh usaha anda, maka sisihkan untuk dana cadangan dalam menghadapi keperluan-keperluan tak terduga.

6. Tidak Berkomitmen Membatasi Pengeluaran
Agar keuangan usaha anda berada pada jalur yang benar, maka berkomitmenlah dalam pembatasan anggaran yang ketat dan hemat.

7. Menunda dan Membiarkan Hutang Menumpuk
Banyak wirausahawan yang terlena mendapatkan pinjaman hutang dengan bunga rendah, sehingga tidak berupaya keras untuk segera melunasinya, dan bahkan cenderung membiarkannya menumpuk karena menganggap enteng.

8. Terlibat Perjudian
Apapun usaha yang anda kerjakan, bila perjudian selalu membayangi anda, maka niscaya sulit menemui kesuksesan.

9. Mempercayakan Keuangan pada Orang yang Tidak Tepat
Banyak perusahaan besar yang terseok-seok menghadapi kekacauan finansial karena mempercayakan atau menugaskan manajerial keuangan kepada orang-orang yang tidak cakap atau tidak jujur. Jadi, berhati-hatilah dalam menentukan keputusan tersebut.

10. Investasi yang Berlebihan
Investasi merupakan langkah baik dalam menyimpan uang, namun bila dilakukan dengan berlebihan (over investments), maka usaha anda akan kocar-kacir disaat menghadapi suatu kebutuhan yang tak terduga, dan pada gilirannya mencari pinjaman dengan persentase bunga tertentu, sehingga mengkerdilkan margin keuntungan usaha anda.

11. Mencampurkan Aset Pribadi dan Bisnis
Mencampur adukkan antara keuangan pribadi dan uang usaha masih sering terjadi, khususnya pada perusahaan-perusahaan pribadi. Hal tersebut tidak akan menyehatkan bagi perkembangan usaha. 

12. Tidak Mempunyai Pembukuan yang Baik
Perusahaan yang profesional adalah perusahaan yang memiliki pembukuan keuangan yang jelas. Neraca pemasukan dan pengeluaran harus dipaparkan secara terperinci agar bisa segera mengetahui kondisi perusahaan sehingga lebih cepat untuk membuat keputusan.

13. Tidak Memperhitungkan Pajak dan Zakat
Satu poin yang simpel namun cukup berarti adalah perhitungan pajak dan perencanaan zakat. Banyak perusahaan muda yang baru tumbuh terkadang lupa memperhitungkan urusan pajak dalam perencanaan keuangannya, termasuk juga enggan untuk berzakat tiap tahunnya. Walaupun sederhana, namun sejatinya memiliki pengaruh penting terhadap kelancaran bisnis anda.

1 komentar:

  1. Hello Everyone, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan sebuah negara kompensasi bersatu, dan kami telah mendengar dan juga meminjam dari perusahaan pinjaman, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia untuk mencari pinjaman Internet Sangat hati-hati Berhati-hatilah untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak kreditur kredit palsu di sini di internet dan beberapa di antaranya asli dan nyata,

    Saya ingin melempar testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya ke pemberi pinjaman yang sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran. . , Garansi, pajak, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapat pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapat pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk Hubungi teman saya yang baru saja mendapatkan pinjaman online, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang wanita bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.

    Jadi saya mengajukan permohonan untuk jumlah pinjaman (Rp400.000.000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak mengurus se umur saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang ingin saya gunakan untuk membangun bisnis saya dan pinjaman saya telah disetujui dengan mudah. Tanpa stres dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta, telah disimpan ke bank dan impian saya masuk. Jadi saya ingin saran yang memerlukan panggilan pinjaman cepat sekarang atau email di Dangotegrouploandepartment@Gmail.com

    Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia atas hal-hal baik yang telah dia lakukan dalam hidup saya. Anda juga bisa menghubungi saya di ladyjanealice@gmail.com hari yang menyenangkan info lebih lanjut ..

    BalasHapus