Senin, 17 Juni 2013

Tentang Agen Periklanan (Sepenggal Tugas Kuliah)

Apa itu advertising agency?
Agen periklanan adalah suatu lembaga usaha yang memberikan jasa periklanan bagi siapa yang membutuhkan baik perorangan, perusahaan pembuat barang atau pemasok jasa bahkan pemerintah. Mempunyai kapasitas untuk memberi pelayanan di tiga bidang yaitu, konsultasi komunikasi pemasaran, pelayanan perencanaan dan pemesanan media, dan pelayanan kreatif.
Apa saja tugas sebuah advertising agency?
Yang namanya biro iklan otomatis pasti membantu mengiklankan suatu produk dari kliennya, yang paling utama adalah membantu mempromosikan. Namun biro iklan tidak melulu hanya bekerja di bidang promosi atau penjualan suatu produk.
Biro iklan juga merangkap sebagai penasehat di bidang peningkatan penjualan, promosi, dan sosialisasi, atau yang biasa disebut sebagai Problem Solver (penyelesai masalah). Misalnya, apabila ada masalah seperti produk si klien mengalami stagnan di bidang penjualan, maka biro iklan memberikan beberapa solusi. Menjabarkan bagaimana bentuk promosi-promosi tersebut, memberikan penawaran solusi di bidang branding, atau bahasa awamnya adalah jati diri suatu produk. Menciptakan sebuah brand atau biasa dikenal dengan logo, sedangkan logo itu sendiri hanya merupakan bagian dari sebuah brand. Apabila klien menyetujui maka agen periklanan memiliki sebuah responsibility. Tanggungjawab tersebut adalah di bidang penjualan dan pengetahuan akan produk.
Tidak hanya sebatas penjualan, biro iklan juga membantu dalam bidang sosialisasi. Mengkomunikasikan tentang edukasi, himbauan, dan kesehatan. Misalnya apabila kliennya dari Dinas Kesehatan, maka biro iklan membantu mensosialisasikan kepada khalayak luas tentang suatu program yang dicanangkan oleh Dinkes. Sebagai contoh, sosialisasi tentang bahaya merokok, sosialisasi tentang kanker serviks, dsb.
Sebagai pihak yang merancang kampanye promosi bagi pemasang iklan, advertising agency juga memiliki sebuah event organizer atau pelaksana. Atas permintaan klien, pihak advertising agency akan mengadakan sebuah event. Ini adalah langkah selanjutnya apabila promosi di media cetak dan audio visual masih kurang maksimal. Sebagai contoh, dalam promosi sebuah produk suplemen atau susu high calcium diadakan event gerak jalan dengan menyertakan produk yang mensponsori event tersebut. Dalam event itu juga disertai penyugestian kepada konsumen dengan tujuan pengenalan produk dan untuk meningkatkan penjualan.
Advertising agency terkadang juga bekerjasama dengan sebuah surat kabar. Hal ini sangat membantu pihak surat kabar mempermudah menghandle iklan-iklan yang masuk. Namun, bagi pihak advertising agency ini hanya sebuah sidejob.
Jasa lain yang diberikan advertising agency adalah sebagai penyedia properti. Misalnya pada acara pameran komputer atau perumahan. Pihak advertising agency menyediakan media sarana yang dibutuhkan dalam pameran seperti display, stand pameran, dan lain-lain.
Bagaimanakan proses pembuatan iklan sebuah produk?
Yang pertama dilakukan adalah brand storming, atau mengkonsep metode promosi sebuah produk. Memberikan gagasan bahwa produk yang akan dipromosikan lebih baik dan unggul dari produk lain. Apabila klien memiliki gagasan sendiri maka pihak advertising agency yang mematangkan gagasan tersebut. Kemudian masuk ke sebuah desain. Setelah konsep dan desain terwujud maka diaplikasikan pada penerapan dalam berbagai media cetak dan audio visual (tivi dan radio). Inilah yang disebut pengaplikasian promosi, selanjutnya bersambung pada kegiatan promosi seperti event-event.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar