Selasa, 11 Juni 2013

Tips Menjadi Seorang Freelancer Sukses


freelance
Marketing.co.idFreelance (tenaga lepas) menawarkan potensi luar biasa dari orang-orang yang memiliki keterampilan untuk menghasilkan uang.
Internet telah mendorong para freelancer dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dengan perkembangan situs seperti freelancer.com, oDesk.com, dan situs lainnya, pencarian freelance guna mendapatkan klien dan mengerjakan proyek-proyek yang mereka suka semakin mudah.
Guna menjadi seorang freelance yang sukses, Anda memerlukan tiga kata ajaib: passion, tekad, dan ketekunan.
Berikut lima tips mengenai bagaimana Anda bisa menjadi seorang freelancer yang sukses:
Tips 1: Kenali diri
Pahami kelebihan Anda. Luangkan waktu untuk mencari tahu di mana letak kelebihan Anda. Jika sudah pasti, itu merupakan ide cerdas guna mencari tahu pekerjaan mana yang sesuai dengan keterampilan dan keahlian Anda.
Jangan tergiur dengan bayaran tinggi jika Anda tahu bahwa itu bukan pekerjaan yang sesuai dengan Anda. Ingatlah, jika Anda fokus pada apa yang menjadi passion Anda, tidak peduli berapa bayarannya Anda akan berprestasi dan menghasilkan banyak uang dalam jangka panjang.
Tip 2: Tampilkan dengan jelas seberapa baik Anda.
Tidak peduli seberapa hebat, yang terpenting adalah seberapa baik Anda dalam menampilkannya. Anda harus menguasai art of self-marketing dan belajar bagaimana cara menulis profil  yang menarik dan penawaran yang persuasif.
Selain itu, bacalah beberapa buku tentang komunikasi dan keterampilan negosiasi guna mengesankan calon pembeli. Anda juga perlu memaksimalkan peluang untuk memenangkan sebuah proyek.
Tip 3: Terlalu banyak terlalu cepat vs perlahan namun pasti
Jumlah situs yang meningkat secara substansial mungkin menggoda Anda untuk bergabung dengan kebanyakan dari mereka secara bersamaan. Mungkin Anda berpikir hal tersebut  akan memaksimalkan kesuksesan Anda dalam mencari proyek.
Bagaimana jika yang terjadi adalah sebaliknya! Freelancer yang sukses memfokuskan diri pada satu atau dua situs paling tinggi dan meluangkan waktu mereka untuk menggali lebih dalam. Selanjutnya freelancer juga harus membaca persyaratan keanggotaan pada situs tersebut dengan cermat.
Hal yang sama berlaku bagi proyek yang tawarkan. Lebih baik Anda memusatkan perhatian pada beberapa proyek dan penawaran yang lebih efektif.
Tip 4: Kerja cerdas tidaklah sulit
Anda juga harus pintar saat memilih proyek yang akan dikerjakan. Waspadalah terhadap pembeli yang tidak menyertakan deskripsi proyek secara jelas dan pembeli baru tanpa umpan balik yang cukup.
Juga, jika permintaan pembeli terlalu banyak dan melanggar aturan situs tersebut dengan cara meminta pekerjaan di luar perjanjian, sudah saatnya meninggalkan proyek tersebut.
Tanyakan pada diri Anda: apa yang bisa saya lakukan untuk untuk proyek itu? Tawarkan sampel kerja yang relevan sambil mengajukan pertanyaan cerdas tentang proyek tersebut dan mengirimkan pesan yang jelas kepada pembeli bahwa Anda profesional dan ahli dalam bidang Anda.
Tip 5:  Sekarang tunjukkan Uangnya!
Berikut adalah ringkasan tips yang perlu Anda lakukan untuk memastikan kesuksesan sebagai seorang freelancer:
  • Bergabung dengan satu atau dua situs populer dan membaca persyaratan mereka dengan cermat.
  • Pilih proyek yang benar-benar sesuai dengan passion Anda.
  • Tulislah profil atau penawaran yang menarik.
  • Bacalah deskripsi proyek dengan cermat dan mengajukan pertanyaan cerdas untuk mengesankan para pembeli.
  • Mulailah sesuai aturan yang berlaku sampai reputasi Anda terbangun. Kemudian secara bertahap naikkan harga Anda.
Sumber: Powerhomebiz.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar