Senin, 24 Juni 2013

Tips Sukses Dari Silicon Valley



Tips Sukses Dari Silicon ValleyMenurut Co-Founder LinkedIn, Reid Hoffman dan pengusaha Ben Casnocha dalam acara ‘Secrets from Silicon Valley’, teknologi dan globalisasi mendorong setiap orang untuk menjadi pengusaha.
Hoffman dan Casnocha, Co-authors buku populer The Start-Up of You: Adapt to the Future, Invest in Yourself, and Transform Your Career, seperti yang dilaporkan Mashable berbicara pada Jumat lalu tentang bagaimana para pengusaha di Silicon Valley membangun perusahaan yang mengagumkan di tengah perubahan yang cepat.
Berikut tips dari mereka tentang mencapai kesuksesan bisnis dalam kondisi ekonomi yang tak menentu:
Temukan potongan antara kekuatan Anda dan realita aspirasi pasar. Ketika merintis suatu usaha, nasihat standar sering kali berupa: mainkan kekuatan, ikuti passion, dan manfaatkan kebutuhan pasar. Namun, menurut Casnocha, “Berpikir tentang salah satu dari ketiganya secara terpisah sangatlah tidak cukup.” Ia menyarankan untuk melihat bagaimana ketiganya berpotongan dan mengintegrasikannya ke dalam rencana bisnis Anda.
Rencana bisnis haruslah memetakan rencana beberapa tahun mendatang. Hoffman mengatakan, “Seiring waktu, passion Anda akan berubah, kekuatan Anda akan berkembang, dan pasar juga akan berubah.”
Bangun kelompok kecil dan luaskan jaringan. Jaringan sosial dan profesional menghubungkan kita dengan banyak kenalan di seluruh wilayah geografis dan dari berbagai profesi yang memberikan beragam informasi berharga.
Namun, penting juga untuk membangun jaringan kecil hubungan yang kaya secara emosional dan kolaboratif. Hoffman mengatakan, “Penting untuk berpikir tentang memperluas jaringan, tapi kita perlu bisa melakukannya dengan cara yang sangat manusiawi.”
Jangan mempertaruhkan lebih dari yang dapat Anda tanggung. “Ada sebuah kesalahpahaman yang mengatakan bahwa semua pengusaha adalah ‘crazy risk-takers’,” ujar Casnocha. Sebenarnya kita tidak bisa begitu saja mempertaruhkan segalanya. Ia mengatakan bahwa ada suatu cara untuk menerima risiko secara cerdas dalam waktu yang tak menentu dan minim informasi.
Casnocha menyarankan, “Perkirakan risiko dengan mempertimbangkan kemungkinan hasil paling buruk dari keputusan Anda.” Kemudian tanyakan pada diri kita: jika hal itu terjadi, bisakah kita bertahan? Jika jawabannya ‘ya’, terbukalah untuk risiko tersebut. Jika ‘tidak’, mungkin kita harus mempertimbangkan lagi.
Casnocha mengatakan, “Jika saya merasa skenario terburuk yang mungkin terjadi adalah perusahaan saya terpuruk, mengalami kebangkrutan dan reputasi saya hancur, maka saya akan sangat waspada terhadap risiko tersebut.”
Nah, Selamat mencoba tips di atas. Kami tunggu tips sukses lainnya dari Anda di kolom komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar