Jumat, 21 Juni 2013

Situs Daily Deals, Cara Cepat Memasarkan Produk



daily_deals_01Marketing.co.id –
Situs-situs daily deals berkembang begitu pesat dalam dua tahun terakhir ini dan menciptakan persaingan yang hebat dengan toko online lainnya. Walaupun dianggap sebagai jalan pintas untuk pemasaran, daily deals semakin populer di antara para konsumen yang berbelanja online.
Internet saat ini bukanlah sesuatu yang mahal. Semakin murahnya biaya koneksi dan semakin baiknya jaringan infrastruktur menawarkan akses yang luas terhadap dunia digital melalui perangkat komputer, ponsel, maupun gadget lainnya.
Imbasnya, semakin banyak pula orang merasa ketergantungan dan terhubung satu dengan lainnya dalam dunia digital, termasuk dalam hal belanja dan berburu barang atau penawaran murah.
Salah satu bentuk e-commerce yang cukup fenomenal di Indonesia belakangan ini adalah yang disebut dengan konsep “daily deals”, yang lahir di Amerika melalui Groupon dan Living Social. Selain menarik juga sudah memberi dampak dalam gaya berbelanja masyarakat Indonesia saat ini.
Situs daily deals menawarkan konsep berbelanja baru yang memberikan kesempatan kepada para pelaku bisnis mempromosikan produk atau layanannya dengan cara yang berbeda.
“Situs-situs daily deals kadang menawarkan produk atau layanan dengan diskon yang begitu besar. Tidak heran jika cara unik begini membuat mereka semakin populer di Indonesia,” ujar Harjanto Joewono, CEO Onlinestoreku.com.
Model bisnis situs daily deals tumbuh saat terjadi resesi di Amerika tahun 2009, lalu mendapatkan popularitas pada tahun 2010, dan pemanfaatannya terus tumbuh dari tahun ke tahun. Dua operator situs daily deals terbesar di Indonesia yang sudah diakuisisi oleh Groupon dan Living Social adalah Disdus dan Dealkeren.
Hanya dalam waktu delapan bulan setelah beroperasi, salah satu operator situs daily deals di Indonesia itu telah memiliki lebih dari 200 ribu orang member, dan berhasil menjual rata-rata 20 ribu voucher per bulan dengan pertumbuhan lebih dari dua kali lipat tiap bulannya.
Daily deals adalah salah satu bentuk dari e-commerce yang menawarkan diskon produk atau jasa dalam jangka waktu tertentu. Anggota situs daily deals akan menerima penawaran online melalui email dan jejaring sosial, atau dapat membelinya melalui website.
Dalam hal ini pengelola situs daily deals yang bertanggung jawab mempertahankan data para pelanggan, bukan pemasok atau merchant yang menawarkan produk.
Setelah jumlah minimum penawaran terjual dan pembayaran dilunasi, voucer elektronik dikirimkan via email untuk ditukarkan dengan produk atau jasa yang ditawarkan oleh pemasok. Voucer yang dibeli dari situs daily deals biasanya berakhir setelah jangka waktu tertentu.
Harjanto menjelaskan, “Kunci sukses daily deals tentunya jumlah merchant yang banyak, anggota yang banyak, dan penawaran yang menarik.” Uniknya, walaupun transaksi pembelian terjadi secara online, pembeli tetap harus datang menukarkan voucher dengan berkunjung ke lokasi toko, restoran, ataupun penjual jasa untuk mendapatkan produk atau layanan yang dibeli.
Model bisnis ini sinergi yang menguntungkan baik bagi peritel maupun konsumen. Peritel dapat melakukan promosi untuk meningkatkan loyalitas brand mereka bersamaan pula dapat mencairkan produk yang kurang laku atau stok yang berlebih.
Umumnya penawaran dalam situs daily deals berupa diskon yang signifikan, bahkan bisa sampai lebih dari 50%. Ada juga yang menggunakan metode pembelian kelompok dengan jumlah minimum dan maksimum dari penawaran yang dibuat untuk jangka waktu tertentu—dikenal sebagai group discount.
“Seyogyanya cara ini adalah perangkat viral marketing yang baik. Melalui media sosial setiap orang dapat mereferensikan produk tersebut kepada jaringannya masing-masing agar jumlah pembeli dapat tercapai. Ya win-win solution, everybody happy lah,” ujar Harjanto.
Tentunya promosi word of mouth dan viral marketing adalah cara efisien dengan biaya terjangkau untuk menciptakan brand awareness dan akuisisi pelanggan baru. Tidak jarang konten dibuat lebih menarik dengan kemasan berita, tips, dan sebagainya untuk membina hubungan dengan pelanggan lebih baik dan membangun loyalitas pelanggan yang tinggi.
Sebagian besar pelaku bisnis melakukan promosi melalui situs daily deals sebagai kegiatan pemasaran, bukan sarana untuk menghasilkan keuntungan. Manfaat utama bagi para pebisnis adalah paparan dari produk atau jasa mereka ke sejumlah besar pelanggan dalam waktu singkat.
Beberapa studi kasus menunjukkan bahwa promosi situs daily deals memberikan efek paparan yang lebih luas sehingga meningkatkan penjualan. Selain itu juga upaya untuk meningkatkan basis data konsumen mereka.
Jika Anda sedang berusaha meningkatkan popularitas merek atau sedang berusaha menyingkirkan persediaan yang berlebih, transaksi daily deals adalah salah satu cara yang bagus untuk dipertimbangkan.
Salah satu fitur yang paling menonjol dari situs daily deals adalah penggunaan email untuk mempromosikan penawaran baru kepada pelanggan lama ataupun calon pelanggan baru. Pengiriman email setiap hari untuk mempromosikan setiap penawaran baru merupakan strategi yang sangat agresif dan efektif dalam menghasilkan penjualan dan pengunjung.
Toko ritel, salon dan spa, restoran, kafe dan bar, jasa turisme, special event, layanan kesehatan dan fitness, jasa pendidikan, dan jasa otomotif adalah produk dan jasa yang sangat cocok untuk memanfaatkan situs daily deals.
Pebisnis yang ingin menjalankan promosi ini sebaiknya bijaksana dalam memilih situs daily deals yang paling mewakili citra merek dan basis konsumen  dari produk atau jasa yang dijualnya. Selain itu, yang terpenting adalah mempertimbangkan program lanjutan untuk menimbulkan kepuasan pelanggan setelah menikmati layanan diskon melalui daily deals.
Berbekal pengalaman yang lama di dunia ritel, Harjanto, yang saat ini serius menekuni Onlinestoreku.com di bidang e-commerce developer dan penyedia platform toko online, menekankan perlunya value-added service untuk menciptakan kepuasan pelanggan. “Layaknya pedang bermata dua, daily deals dapat pula menjadi bumerang.
Mau tidak mau harus kita akui bahwa ketertarikan orang lebih berdasarkan pada harga diskon produk. Pelaku bisnis harus dapat memberikan nilai lebih dari sekadar voucher diskon. Begitu konsumen daily deals menebus kupon, tugas pemilik bisnis untuk mengonversikan mereka menjadi pelanggan tetap dan pembeli seumur hidup,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar