Senin, 17 Juni 2013

NARSIS! Strategi Ampuh Dalam Personal Branding

tumblr static dsc 8081 NARSIS! Strategi Ampuh Dalam Personal Branding
Marketeers Radio kembali mewawancari seseorang yang kreatif dan inovatif dalam mengembangkan diri untuk bisnisnya. Dalam program Marketeers Hour bersama Inga, Marketeers Radio berkesempatan mewawancarai Shakti Siddarta, seorang fashion fotografer dan videografer.
Setelah kurang lebih tiga tahun berkarir sebagai fotografer dan videografer, nama Shakti mulai bermunculan dimana-mana. Ia adalah orang dibalik pengerjaan videoclip milik RAN, Raisa, Maliq & D’essentials, hingga foto-foto dalam majalah nasional seperti Kartini, Cosmo Girl dan Maxim.

Networking: Jurus Utama Dalam Bisnis Fotografi & Videografi
“Bisnis seperti ini yang paling penting adalah networking, karena klien kita 70% berasal dari teman-teman sendiri” tukas Shakti. Ia mendapatkan banyak relasi ketika bekerja pada sebuah radio swasta di Jakarta. Jenuh dengan pekerjaannya, Shakti merasa butuh suatu hal kreatif yang baru. Akhirnya ia mengikuti Kelas Pagi, sebuah sekolah fotografi yang diadakan Anton Ismael. Disana ia banyak menimba ilmu fotografi dan bertemu lebih banyak relasi. Disitulah ia menemukan kepercayaan diri untuk memulai bisnis fotografi dan videografi, sampai sekarang ia dan timnya telah memiliki sebuah studio foto di kawasan Panglima Polim.

Narsis: Efektif Dalam Personal Branding
Sebagai seorang fotografer dan videografer yang bergerak sendiri, Shakti haruslah memiliki personal branding yang kuat. Ketika ditanya oleh Inga bagaimana caranya memiliki banyak klien, ia pun menjawab simpel. “Narsis aja. Ketika orang-orang memakai Instagram untuk foto makanan, gue justru memakai Instagram untuk upload karya-karya gue. Dan kebanyakan klien-klien gue datang setelah melihat karya gue di media sosial” ujar Shakti.
Hadirnya media sosial pun sangat membantu Shakti dalam mempromosikan hasil karyanya. “Karena gue tipe orang yang males menyimpan karya sendiri di ponsel, jadi kalau ada orang yang bertanya, gue suruh lihat media sosial gue aja” celoteh Shakti.
Shakti juga memberikan tips kepada Anda yang ingin menjadi fotografer dengan networking yang luas. “Jangan hanya berkutat di satu komunitas. Yang penting bergaul. Dari sini orang akan menyadari kehadiran Anda” saran Shakti.
Lihat karya-karya Shakti di http://www.shaktisiddarta.com/ dan follow Instagramnya di @buke7.
Dengarkan Entrepreneur Talk di #MarketeersHour, setiap hari Senin-Jumat pukul 13.00-16.00. Streaming di tun.in/seTHi  atau  lihat bar di bawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar