Maketing.co.id-
Ketika anda melakukan strategi perencanaan untuk perusahaan (baik
online maupun offline), analisa SWOT sangat berguna untuk melengkapi
analisis yang memperhitungkan tidak hanya untuk bisnis anda saja, tetapi
bisnis pesaing anda dan lingkungan bisnis saat ini juga.
Analisa SWOT membantu anda mengindentifikasi cara untuk meminimalkan pengaruh kelemahan dalam bisnis anda sambil memaksimalkan kekuatan anda. idealnya, anda dapat memaksimalkan kekuatan anda untuk meraih peluang pasar dari kelemahan pesaing anda.
Analisis dasar SWOT
Anda bisa mengembangkan analisa dasar SWOT dalam sesi brainstorming dengan anggota lain dari perusahaan Anda, atau Anda sendiri jika Anda berada di toko sendirian. Untuk memulai analisis dasar SWOT buatlah empat kotak atau empat daftar, masing masing untuk tiap komponen SWOT:
| Strengths | Weaknesses | Opportunities | Threats |
Strengths (Kekuatan) – Pikirkan tentang apa yang perusahaan Anda dapat lakukan dengan baik. Apa yang membuat Anda terlihat menonjol dari para pesaing? Kelebihan apa yang Anda miliki dibandingkan bisnis lain?
Weaknesses (kelemahan) – Buatlah daftar area yang diperjuangkan. Apa yang dikeluhkan pelanggan Anda? Apa saja kebutuhan pelanggan yang belum terpenuhi dari tenaga penjualan Anda?
Opportunities (Peluang) – Cobalah untuk membuka daerah-daerah di mana kelebihan Anda belum dimanfaatkan sepenuhnya. Apakah ada tren yang berkembang sesuai dengan kelebihan perusahaan Anda? Apakah ada produk / layanan yang Anda bisa melakukannya dengan baik tetapi belum mampu bersaing?
Threats (Ancaman) – Carilah hal-hal yang bisa merusak bisnis Anda, baik di dalam maupun di luar perusahaan. Secara internal, apakah Anda memiliki keuangan, pengembangan, atau menemukan masalah lain?
Secara eksternal, apakah para pesaing Anda menjadi lebih kuat, apakah ada tren yang sedang berkembang yang memperkuat salah satu kelemahan Anda, atau apakah Anda melihat ancaman lain terhadap kesuksesan perusahaan Anda?
Lanjutan analisis SWOT
Sebuah analisis lebih mendalam tentang SWOT dapat membantu anda lebih memahami situasi kompetitif perusahaan anda. salah satu cara untuk memperbaiki dasar SWOT adalah dengan memasukkan informasi tentang pesaing lebih rinci dalam analisis.
Perhatikan internet yang berhubungan dengan kegiatan seperti keikutsertaan perusahaan perdagangan, inklusi search engine, dan link ke situs luar. Ini akan lebih membantu Anda melihat peluang dan ancaman terhadap perusahaan Anda.
Anda juga dapat melihat lebih dekat pada lingkungan bisnis. Seringkali, peluang muncul sebagai akibat dari sebuah lingkungan bisnis yang terus berubah.
Anda juga dapat meningkatkan analisis SWOT melalui survei. Anda bisa belajar lebih banyak tentang Anda sendiri maupun situs bisnis kompetitor.
Entah dengan menggunakan pendekatan dasar atau lebih maju dari analisis SWOT, Anda pasti akan pulang dengan pengetahuan yang baru. Gunakan ini untuk meningkatkan efektivitas perusahaan Anda dan sebagai masukan ke dalam bisnis atau rencana pemasaran.
CS| powerhomebiz
Analisa SWOT membantu anda mengindentifikasi cara untuk meminimalkan pengaruh kelemahan dalam bisnis anda sambil memaksimalkan kekuatan anda. idealnya, anda dapat memaksimalkan kekuatan anda untuk meraih peluang pasar dari kelemahan pesaing anda.
Analisis dasar SWOT
Anda bisa mengembangkan analisa dasar SWOT dalam sesi brainstorming dengan anggota lain dari perusahaan Anda, atau Anda sendiri jika Anda berada di toko sendirian. Untuk memulai analisis dasar SWOT buatlah empat kotak atau empat daftar, masing masing untuk tiap komponen SWOT:
| Strengths | Weaknesses | Opportunities | Threats |
Strengths (Kekuatan) – Pikirkan tentang apa yang perusahaan Anda dapat lakukan dengan baik. Apa yang membuat Anda terlihat menonjol dari para pesaing? Kelebihan apa yang Anda miliki dibandingkan bisnis lain?
Weaknesses (kelemahan) – Buatlah daftar area yang diperjuangkan. Apa yang dikeluhkan pelanggan Anda? Apa saja kebutuhan pelanggan yang belum terpenuhi dari tenaga penjualan Anda?
Opportunities (Peluang) – Cobalah untuk membuka daerah-daerah di mana kelebihan Anda belum dimanfaatkan sepenuhnya. Apakah ada tren yang berkembang sesuai dengan kelebihan perusahaan Anda? Apakah ada produk / layanan yang Anda bisa melakukannya dengan baik tetapi belum mampu bersaing?
Threats (Ancaman) – Carilah hal-hal yang bisa merusak bisnis Anda, baik di dalam maupun di luar perusahaan. Secara internal, apakah Anda memiliki keuangan, pengembangan, atau menemukan masalah lain?
Secara eksternal, apakah para pesaing Anda menjadi lebih kuat, apakah ada tren yang sedang berkembang yang memperkuat salah satu kelemahan Anda, atau apakah Anda melihat ancaman lain terhadap kesuksesan perusahaan Anda?
Lanjutan analisis SWOT
Sebuah analisis lebih mendalam tentang SWOT dapat membantu anda lebih memahami situasi kompetitif perusahaan anda. salah satu cara untuk memperbaiki dasar SWOT adalah dengan memasukkan informasi tentang pesaing lebih rinci dalam analisis.
Perhatikan internet yang berhubungan dengan kegiatan seperti keikutsertaan perusahaan perdagangan, inklusi search engine, dan link ke situs luar. Ini akan lebih membantu Anda melihat peluang dan ancaman terhadap perusahaan Anda.
Anda juga dapat melihat lebih dekat pada lingkungan bisnis. Seringkali, peluang muncul sebagai akibat dari sebuah lingkungan bisnis yang terus berubah.
Anda juga dapat meningkatkan analisis SWOT melalui survei. Anda bisa belajar lebih banyak tentang Anda sendiri maupun situs bisnis kompetitor.
Entah dengan menggunakan pendekatan dasar atau lebih maju dari analisis SWOT, Anda pasti akan pulang dengan pengetahuan yang baru. Gunakan ini untuk meningkatkan efektivitas perusahaan Anda dan sebagai masukan ke dalam bisnis atau rencana pemasaran.
CS| powerhomebiz
Tidak ada komentar:
Posting Komentar