Apa itu advertising agency?
Agen periklanan
adalah suatu lembaga usaha yang memberikan jasa periklanan bagi siapa
yang membutuhkan baik perorangan, perusahaan pembuat barang atau
pemasok jasa bahkan pemerintah. Mempunyai kapasitas untuk memberi
pelayanan di tiga bidang yaitu, konsultasi komunikasi pemasaran,
pelayanan perencanaan dan pemesanan media, dan pelayanan kreatif.
Apa saja tugas sebuah advertising agency?
Yang
namanya biro iklan otomatis pasti membantu mengiklankan suatu produk
dari kliennya, yang paling utama adalah membantu mempromosikan. Namun
biro iklan tidak melulu hanya bekerja di bidang promosi atau penjualan
suatu produk.
Biro
iklan juga merangkap sebagai penasehat di bidang peningkatan
penjualan, promosi, dan sosialisasi, atau yang biasa disebut sebagai Problem Solver
(penyelesai masalah). Misalnya, apabila ada masalah seperti produk si
klien mengalami stagnan di bidang penjualan, maka biro iklan memberikan
beberapa solusi. Menjabarkan bagaimana bentuk promosi-promosi
tersebut, memberikan penawaran solusi di bidang branding, atau bahasa awamnya adalah jati diri suatu produk. Menciptakan sebuah brand atau biasa dikenal dengan logo, sedangkan logo itu sendiri hanya merupakan bagian dari sebuah brand. Apabila
klien menyetujui maka agen periklanan memiliki sebuah responsibility.
Tanggungjawab tersebut adalah di bidang penjualan dan pengetahuan akan
produk.
Tidak hanya sebatas
penjualan, biro iklan juga membantu dalam bidang sosialisasi.
Mengkomunikasikan tentang edukasi, himbauan, dan kesehatan. Misalnya
apabila kliennya dari Dinas Kesehatan, maka biro iklan membantu
mensosialisasikan kepada khalayak luas tentang suatu program yang
dicanangkan oleh Dinkes. Sebagai contoh, sosialisasi tentang bahaya
merokok, sosialisasi tentang kanker serviks, dsb.
Sebagai pihak yang merancang kampanye promosi bagi pemasang iklan, advertising agency juga memiliki sebuah event organizer atau
pelaksana. Atas permintaan klien, pihak advertising agency akan
mengadakan sebuah event. Ini adalah langkah selanjutnya apabila promosi
di media cetak dan audio visual masih kurang maksimal. Sebagai contoh,
dalam promosi sebuah produk suplemen atau susu high calcium diadakan
event gerak jalan dengan menyertakan produk yang mensponsori event
tersebut. Dalam event itu juga disertai penyugestian kepada konsumen
dengan tujuan pengenalan produk dan untuk meningkatkan penjualan.
Advertising
agency terkadang juga bekerjasama dengan sebuah surat kabar. Hal ini
sangat membantu pihak surat kabar mempermudah menghandle iklan-iklan
yang masuk. Namun, bagi pihak advertising agency ini hanya sebuah sidejob.
Jasa
lain yang diberikan advertising agency adalah sebagai penyedia
properti. Misalnya pada acara pameran komputer atau perumahan. Pihak
advertising agency menyediakan media sarana yang dibutuhkan dalam
pameran seperti display, stand pameran, dan lain-lain.
Bagaimanakan proses pembuatan iklan sebuah produk?
Yang pertama dilakukan adalah brand storming,
atau mengkonsep metode promosi sebuah produk. Memberikan gagasan bahwa
produk yang akan dipromosikan lebih baik dan unggul dari produk lain.
Apabila klien memiliki gagasan sendiri maka pihak advertising agency
yang mematangkan gagasan tersebut. Kemudian masuk ke sebuah desain.
Setelah konsep dan desain terwujud maka diaplikasikan pada penerapan
dalam berbagai media cetak dan audio visual (tivi dan radio). Inilah
yang disebut pengaplikasian promosi, selanjutnya bersambung pada
kegiatan promosi seperti event-event.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar