Dalam dunia marketing, ada istilah 4P yang merupakan prinsip-prinsip
yang wajib diperhatikan dan dimaksimalkan sehingga mampu membuat produk
bisnis yang ditawarkan ke konsumen mendapat sambutan yang positif.
Kemudian dalam bauran pemasaran (marketing mix), khususnya pada bisnis
jasa, istilah tersebut dikembangkan lagi menjadi 8P, yakni meliputi
Product, Place, Price, Promotion, Process, Productivity, People, dan
Physical Evidence. Nah, kedelapan hal tersebut menjadi poin-poin penting
yang diperhatikan oleh para konsumen dalam mempertimbangkan
keputusannya membeli atau memakai produk bisnis yang dijajakan. Agar
lebih komplit, Kerjausaha.com menambahkan dua bagian lain sebagai sebuah
kesatuan yang wajib anda upayakan semaksimal mungkin agar dapat menarik
perhatian konsumen. Inilah rincian penjelasan tentang konsep 10P dalam
meningkatkan daya pemasaran untuk menarik perhatian para konsumen:
1. Product
Konsumen menginginkan produk yang dapat memenuhi kebutuhannya. Jadi,
dalam menarik konsumen, maka kualitas dan inovasi produk harus
benar-benar diperhatikan.
2. Place
Konsumen juga mengharapkan lokasi tempat usaha yang mudah dijangkau.
Oleh karena itu, dalam meningkatkan jumlah konsumen, pemilihan lokasi
bisnis harus dipertimbangkan.
3. Price
Poin ketiga yang membuat produk anda dipertimbangkan para konsumen
adalah masalah harga. Dengan layanan harga yang kompetitif dan masuk
akal, maka produk bisnis yang ditawarkan lebih berpeluang untuk laku.
4. Promotion
Promosi merupakan salah satu langkah dalam mendatangkan konsumen.
Promosi lewat iklan, pemberian diskon, dan penyelenggaraan event-event
atraktif merupakan contoh dalam mempromosikan usaha anda.
5. Process
Hal lain yang juga wajib diperhatikan dalam membuat konsumen tertarik
adalah bagaimana menciptakan proses transaksi yang simple, sehingga para
konsumen tidak dibebani oleh ketidakpahaman tentang tata aturan
pembelian.
6. Productivity
Productivity mengarahkan kepada anda agar mampu membuat pasokan produk
yang mencukupi serta berupaya agar produk yang dihasilkan bisa juga
membuat konsumen merasa produktif.
7. People
Dalam menajamkan daya pemasaran bisnis anda, pemilihan personil-personil
yang tepat dalam melayani konsumen dan menjalankan roda bisnis tersebut
juga menjadi kunci keberhasilannya.
8. Physical Evidence
Bukti fisik, seperti gedung usaha, testimonial pelanggan, izin usaha,
dan lainnya adalah faktor pendukung yang penting dalam mempengaruhi
konsumen.
9. Priority
Tips berikutnya untuk meningkatkan daya marketing adalah menciptakan
prioritas dalam melayani pelanggan. Dengan tindakan tersebut, tentu
membuat konsumen merasa puas dan berdampak terhadap pemasaran dari mulut ke
mulut.
10. Partner
Bagian terakhir yang turut membantu dalam memperluas jangkauan marketing
untuk meningkatkan penjualan bisnis anda adalah partner atau mitra
bisnis. Semakin banyak punya partner, maka semakin populer produk yang
ditawarkan, dan hal tersebut menjadi daya dobrak yang kuat dalam
marketing dan menarik konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar