Menjaga kepercayaan konsumen adalah salah satu langkah dalam
membangun kerajaan bisnis yang stabil. Untuk menciptakan hal tersebut
bukanlah sesuatu yang gampang, namun juga tidaklah sesulit seperti yang
dibayangkan. Menurut The Value Institute di Amerika, ada sekitar lima
poin penting yang mempengaruhi nilai kepercayaan konsumen terhadap
sebuah merek produk atau perusahaan, yaitu: kinerja perusahaan,
perhatian ekstra terhadap konsumen, hubungan atau koneksi saling
berbagi, konsistensi, dan ketulusan (jujur & terbuka). Dikutip dari
majalah Entrepeneur, inilah lima perusahaan yang berhasil membangun
citra terpercaya (trusted) di mata konsumen dengan beragam strategi
bisnisnya
masing-masing:
1. Get Personal : Amazon
Amazon.com adalah toko retail online terbesar yang berkantor pusat di
Amerika. Di toko maya tersebut, berbagai barang diperjual belikan
melalui jaringan internet. Perusahaan ini berhasil menciptakan kesan
Personal (privasi) terhadap setiap konsumen (individu) yang berbelanja
di toko online tersebut. Dengan penawaran harga yang lebih rendah,
ongkos pengiriman gratis, penggunaan teknologi yang canggih, informasi
produk yang lengkap, proses yang praktis, dan adanya rekomendasi
personal, menjadikan merek Amazon sangat dipercaya oleh para konsumen.
Hal tersebut tidak terlepas dari slogan "Get Personal" yang betul-betul
dirasakan konsumen.
2. Sell hapiness: Coca-Cola
Coca-cola juga merupakan salah satu brand yang mendapat image "trusted"
di mata konsumennya. Dengan aneka produk minuman soda yang segar, merek
Coca-Cola disukai oleh berbagai lapisan masyarakat di seluruh dunia.
Dengan tag "Selling hapiness" atau menjual (menghadirkan) kebahagiaan,
produk Coca-cola berhasil menembus kesan di dalam hati konsumen, bahwa
produk minuman Coca-cola memang bisa mendatangkan keceriaan disaat
meneguknya.
3. Live up to your promise: FedEx
FedEx merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa ekspedisi
pengantaran barang. Banyak konsumen yang percaya bahwa FedEx adalah
perusahaan yang handal dan tepat waktu dalam pengiriman barang. Dengan
jargon "Live up to your promise" atau "akan tetap hidup untuk memenuhi
janji anda", FedEx berhasil membangun citra brand ekspedisi yang kuat.
"Mereka menghargai bahwa apa yang dititipkan oleh konsumen tersebut
adalah harta dan mata pencaharian di masa depan, dan paket tersebut
memiliki arti bagi banyak orang" kata seorang direktur senior bidang
strategi FutureBrand.
4. Keep it cool and fun: Apple
Apple menjadi salah satu merek termahal di dunia. Rasa kepercayaan
konsumen terhadap produk gadget buatan Apple juga sangat tinggi. Setiap
kali perusahaan yang bermarkas di California tersebut akan merilis
produk baru, masyarakat selalu menantikan dengan antusias, dan percaya
bahwa apa yang akan dikeluarkan Apple adalah produk yang berkelas, lebih
baik, lebih keren, dan akan selalu memberikan hal yang fun. Dengan
selalu konsisten menghadirkan produk baru yang lebih baik serta menjamin
kepercayaan konsumen tentang kualitas yang akan diperolehnya, brand
Apple berhasil menjadi salah satu merek terpercaya dari konsumen.
5. Design an experience : Target
Mungkin banyak dari kita yang tidak familiar dengan merek ini. Target adalah
sebuah merek toko diskon di Amerika dan beberapa cabang di negara lain.
Target menyediakan aneka barang yang limited edition dengan harga yang
terjangkau. Toko-tokonya yang didesain menarik dan nyaman
menjadikan konsumen mendapatkan pengalaman belanja yang menyenangkan.
Maka tak heran, bila Target didaulat sebagai salah satu merek
terpercaya, khususnya bagi masyarakat di Amerika.
Dari kelima
"trusted-brand" tersebut dapat dipetik beberapa pelajaran tentang
bagaimana membangun kepercayaan di mata konsumen, antara lain
menciptakan kesan personal bagi para pelanggan, tidak mengecewakan
pelanggan dengan produk yang tidak sesuai dengan janji kita (promise),
konsisten menghadirkan produk yang berkualitas atau selalu lebih baik,
buat konsumen merasa ceria dan fun dengan produk atau tempat usaha kita,
dan sebisa mungkin memberikan harga yang kompetitif dengan kualitas
yang baik. Salam kerja & usaha!!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar