Inovasi kerap menjadi perbincangan hangat di dunia bisnis. Tanpa
inovasi, perusahaan akan sulit bersaing di pasar yang terus berkembang.
Lihat saja Apple dan Samsung, mereka kerap bersaing lewat inovasi
yang diaplikasikan ke berbagai jenis produknya. Hanya saja perlu
diperhatikan, inovasi tak terbatas pada jenis produk, tapi juga berbagai
hal lain.
Salah satunya adalah dengan memberikan pengalaman baru kepada pelanggan (customer experience) seperti yang dijelaskan oleh Peter Fisk di acara Indonesia Marketing Summit 2014.
Pada acara yang berlangsung di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, ia mengatakan, “You’re innovating the customers to solve problem, not just innovating product.”
Maksudnya, inovasi tidak hanya dapat dterapkan dari segi produk atau
jasa saja, tapi juga memecahkan masalah pelanggan. Misalnya dengan
memberikan pengalaman baru kepada konsumen.
Ada beberapa contoh kasus yang bisa menjadi masukan para marketer dalam memberikan pengalaman baru kepada konsumen.
Contohnya adalah merek sepatu Toms, mereka melakukan inovasi pada
strategi pemasarannya. Dengan membeli sepasang sepatu Toms, maka
sepasang sepatu lagi akan didonasikan oleh Toms atas nama konsumen
kepada anak-anak yang membutuhkan.
Ini tak berbeda dengan buy one get one free, hanya saja gratisannya dialihkan lewat program amal, yaitu diberikan kepada mereka yang membutuhkan.
Konsep menarik lain ditawarkan oleh Umpqua Bank. Jika selama ini
suasana di dalam bank identik dengan sunyi, Umpqua menyuguhkan hal yang
berbeda. Suasana bank yang seharusnya hening, diberikan musik funky. Hal ini kemudian membuat Umpqua menjadi bank yang mengedepankan lifestyle, bukan finance seperti bank-bank kebanyakan.
“Inovasi adalah sebuah proses,” jelas Fisk.
Pada akhirnya, inovasi adalah tentang bagaimana cara merek menjadi
fasilitator untuk menghubungkan para konsumen, bukan cuma menciptakan
produk baru yang bakal laku di pasaran.
Pria yang mengeluarkan buku Marketing Genius itu juga
melanjutkan bahwa inovasi merupakan proses yang membuat sebuah produk
menjadi berbeda. Memberikan pengalaman baru kepada pelanggan adalah
salah satu hal menarik yang perlu ditawarkan oleh perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar